SEMUA BENTUK PELAYANAN DI DINAS SOSIAL DIY TIDAK DIPUNGUT BIAYA-MEMBANTU MASYARAKAT ADALAH KEPUASAN KAMI

PELAYANAN MASYARAKAT

Informasi, Syarat dan Prosedur Pelayanan (Klik Icon) :

 
 

 

Menu ” Comments”  dibawah ini adalah menu untuk memberikan Komentar atau Diskusi. untuk LAYANAN PENGADUAN kami sarankan saudara memanfaatkan saluran kanal pengaduan E-LAPOR DIY (KLIK DISINI) agar lebih mudah dan cepat untuk ditindak lanjuti.

Untuk  informasi yang sering diperlukan masyarakat dapat saudara akses melalui tautan berikut ini (KLIK DISINI)

4.1 39 votes
Rating Artikel
Subscribe
Notify of
guest

1.1K Diskusi
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar
Susi elmi

Suami saya dapat pkh di tahun 2022 ini tapi tidak ada pemberitauan dari aparat desa .saya cuman cek di aplikasi bansos dan nama suami saya ada di aplikasi tersebut

nat

Silakan Cek FAQ Nomor 2,3,4

Indawati

Saya cek dilink bansos kemensos ,,status y a terus proses bank himbara..apa maksutnya??? Saya blom pernah dpt bntuan itu.

nat

Silakan cek FAQ Nomor 2,3,4

Maryanto

Saya mau tanya” saya keluarga kurang mampu saya punya 2 anak kelas 3sd dan kelas 2 smp tapi kenapa saya tidak dapat bantuan pkh

nat

Silakan cek FAQ Nomor 1

Imelda

Mau nanya ibu saya dapat kartu bpnt tapi tidak cair,sudah melapor ke kantor desa tidak ada jawaban.nama terdaftar tapi tidak cair,

nat

Silakan Cek FAQ Nomor 4

Suardi

Saya mau tanya?apa kah bantuan BLT BBM,bisa keluar di pos ,kalau data penerima tidak cocok? Soal saya dapat panggilan dari kantor desa untuk menerima bantuan BLT BBM di pos,setelah saya sampai di sana ,bantuan BLT BBM nya di alihkan ke orang, yang namanya sama dengan nama saya,sedangkan no.Niknya itu no. Nik saya?

Last edited 2 months ago by Suardi
nat

Jika Saudara memiliki bukti yang cukup untuk membuktikan bahwa yang masuk dalam daftar bayar tersebut adalah Saudara, bukan orang lain, silakan laporkan lewat kanal resmi SP4N-LAPOR! dengan menyampaikan bukti-bukti tersebut agar dapat ditindaklanjuti oleh pihak yang berwenang.

Arum

Maaf sebelumnya saya mau bertanya .
Di desa saya banyak yang dapat bantuan dan banyak juga yang dapat bantuan malah orang yang mampu . Yang saya mau pertanyakan bapak saya umur 60 tahun duda hidup sendiri tdk ada istri kenapa tidak pernah ada atau dapat bantuan apapun . Kita masyarakat yang perlu dibantu , dari pihak dinas sosial pun tdk ada yg survei. Aparat desa ditempat saya pun tidak mau berusaha membantu spy keluarga seperti saya sedikit dapat bantuan . Terimakasih .

nat

SIlakan cek FAQ Nomor 1

Ari astuti

Saya mau taya? Saya puya balita umur 2tahun. Apa bisa saya mendaftar pkh?

nat

SIlakan cek FAQ Nomor 1 dan 9

Tamaki

Pernah mendapatkan bantuan bpnpt pada tahun 2021.hanya se kali itu..setelah itu kesini tidak pernah mendapat lagi.apakah data saya sudah terhapus,atau bagaimana,?karena sampai sekarang sudah tidak pernah mendapatkan lagi.padahal saya memiliki 3 orang anak yang masih sd dan balita….

Terimakasih

nat

Silakan cek FAQ Nomor 7.
Jika termasuk warga miskin dan layak silakan mengajukan diri kembali. Cek FAQ Nomor 1

Nur hayati

Saya mau nanya saya orang Gak mampu mempunyai tungakkan BPJS klas tiga saya sudah mendaftar sebagai peserta PBI dan sudah masuk dtks apakah saya bisa minta keterangan agar mendapat kartu kis untuk pengobatan anak saya tolong kasih saya tau gimana mendapatkan kartu kis PBI untuk anak saya trimakasih

nat

Saat ini peserta BPJS tidak lagi harus menunjukkan kartu kepesertaan BPJS/KIS untuk dapat mengakses layanan kesehatan, cukup menunjukkan KTP. Kepesertaan BPSJ/KIS juga dapat diketahui melalui Mobile App JKN Mobile, Layanan Whatsapp yang disediakan BPJS KesehatanPengecekan Status Kepesertaan JKN

ABDUL ROHIM

Selamat siang,nama saya terdaftar dlm dtks.tapi saya kesulitan mengambil bantuan waktu pandemi di karenakan lewat Rt.karena saya sdh pisah dg istri saya.setiap saya ke Rt. Mantan istri saya ngamuk2 dan menyalahkan Rt karena saya tinggal di komplek .saya bingung kalo pake prosedur undangan dan segala macam .dan ada yg mengkordinir.sampai kapanpun saya tak pernah merasakan bantuan.padahal mantan istri saya menikmati dan segala isinya rumah saya,sqya sendiripun kontrak bulanan tak terbayar..punya anak 2 terbengkalai..sekolahnyapun senin kamis tolong jalan keluarnya kalau menurut saya agar bisa saya manfaatkan dg modal nama saya dan ktp dan fotocopi kartu keluarga yg saya simpan.karena aslinya dipegang… Read more »

IMG_20221122_112320.jpg
nat

Bantuan sosial dari Kemensos pada umumnya berbasis keluarga dan pengelolaan datanya berbasis data kependudukan.
Apabila terjadi perpisahan, sarannya adalah disahkan secara administratif agar dokumen kependudukan sesuai dengan kondisi sebenarnya sehingga dapat mengajukan pengusulan sendiri.

Budi santoso

Maaf saya mau bertanya
1. Kan saya terdaftar sebagai penerima blt bbm periode september/oktober 2022 tetapi saya tidak mendapatkan surat undangan pencairan sampai sekarang. Bagaimana supaya saya dpt mengambil bansos bbm nya.
2. Saya lupa id sama password aplikasi cek bansos. Saya harus lapor kmna supaya saya dapat log in kembali ke aplikasi cek bansos.?

nat

1) Silakan melapor dengan datang langsung melalui kantor POS penyalur atau bagian pelayanan kantor Dinas Sosial Kabupaten/Kota sesuai alamat KTP dengan membawa bukti dan identitas yang perlu ditunjukkan agar dibantu pengecekan berbasis NIK untuk terlebih dahulu memastikan benar/tidak informasi tersebut.
2) Jika lupa password silakan gunakan fitur Lupa Kata Sandi pada aplikasi. Untuk lupa username akun Cek Bansos, silakan cek Email aktivasi yang didapat setelah melakukan pendaftaran pada akun Cek Bansos. Pada Email yang diterima pada saat aktivasi akun, terdapat informasi username akun.

ubi supriyadi

mau bertanya mengenai program rumah tidak layak huni dr pemerintah, apakah msh ada. soalnya rumah ibu saya di data dan di foto sejak 12 thn yg lalu tp blum jg di bedah rumah, pdhl secara kasat mata rumah saya bobrok dan mau roboh. dimana kami hrs mengadukan, mengusulkan sedang dr pihak desa beralasan dana belum turun.
mohon utk di jawab dan di tindaklanjuti kemensos ibu risma.

nat

Silakan dilaporkan ke RT/RW/Dukuh agar dapat ditindaklanjuti melalui pihak kalurahan untuk diusulkan apabila masih ada program terkait.

Vika koamriah

Saya mau melapor jd.kejadian d Kaka saya..saya cek d Kemensos beliau dapat PKH dan bantuan BBM bpnt juga ..namun pas saya tanya ke RT setempat beliau bilang data tidak valid dan kami juga bertanya ke kelurahan setempat sama jawabnya data blm valid pdhl PKH udh cair dari 2021 ..nah hal seperti ini apa ada penyalahgunaan data atau gmn?? Bagaimana tidak valid sedangkan kita dapat info lggs dari Kemensos mohon tanggapan nya??

nat

Silakan cek FAQ nomor 2, 3 dan 4.

Suprapti

Maaf mau tanya kenapa belum diupdate untuk anak sekolah yg sudah naik tingkat.. sementara banyak yg sudah lulus SMA dan tidak ada komponen lain masih dapat

nat

Pada prinsipnya proses perbaikan data dilakukan secara terus menerus. Akan tetapi perubahan kebijakan akses data kependudukan dari pusat mungkin mempengaruhi cepat/lambatnya proses tersebut.
Jika yang dimaksud adalah PKH, jika KPM merasa sudah tidak layak/tidak lagi memiliki komponen silakan mengajukan sanggahan secara mandiri melalui mobile app Cek Bansos yang dapat diunduh di Google Playstore dengan terlebih dahulu membuat akun dan melengkapi data diri dan keluarga.
Silakan cek FAQ nomor 8.

ainun fitriani

asalamualaikum mau nanyak apakah yang dpt pkh itu orang kaya sedangkan saya orang pas2an saya gk perna dpt apa2 saya orang dermo bangil

Last edited 3 months ago by ainun fitriani
nat

Silakan cek FAQ no 1, 8, 9

Ary setyono

Istri saya awalnya penerima pkh. Namun nama di ktp dengan di kk tidak sama. Sehingga sekarang tidak terima pkh lagi.
Pertanyaan saya bagaimana cara mengurus agar dapat menerima pkh lagi…

nat

Silakan cek FAQ No. 7 & No. 1

Nurma Yanti

Selamat pagi. Saya termasuk ibu hamil. Dan ketika saya cek di website kemensos ternyata nama saya terdata penerima bantuan PKH dan BLT BBM. Namun keterangan di penerima PKH itu “pengurus” dan periode nya triwulan yaitu Juli-September. Namun pkh kan harus ada kartu ya. Tapi saya tidak mendapatkan kartu apapun sampai sekarang. Padahal periode nya hampir sudah berakhir. Saya sangat butuh untuk menambah keperluan si kecil saat melahirkan. Bahkan sampai sekarang saya belum dapet info apapun dari dinas sosial maupun rt dan rw nya. Apakah saya harus menunggu ? sampai kapan?

nat

Silakan Cek FAQ No.2 dan No. 4
Apabila hasil pengecekan berbasis NIK terkonfirmasi bahwa Saudari merupakan penerima, Saudari dapat melanjutkan laporan melalui Dinas Sosial Kabupaten/Kota setempat sesuai alamat KTP Saudari untuk mendapatkan informasi kejelasan penyaluran bansos.

lilik puji rahayy

permisi saya mau tnya…?
. saya ini dapat bantuan pkh tapi saya ini mau pindah tempat dan nantinya apha masich dapat bantuan pkh nya….? terima kasih

nat

Silakan baca kembali FAQ
DTKS dan bansos memang berbasis data kependudukan dan verifikasi kelayakan merupakan kewenangan Kabupaten/Kota.
Perlu kami luruskan bahwa pada prinsipnya tidak ada kewenangan mutlak seorang/keluarga penerima manfaat (KPM) bantuan sosial untuk dapat mempertahankan bantuannya secara terus menerus apabila ada rumahtangga/keluarga lain yang lebih membutuhkan di wilayahnya.
Namun demikian apabila seseorang/sebuah keluarga memang dalam keadaan miskin/termasuk miskin di wilayah yang baru dan dinilai layak mendapatkan akses bantuan berdasarkan musyawarah lingkup pemerintah terkecil setempat, maka seharusnya tetap dapat diusulkan sebagai penerima bansos oleh perangkat pemerintah setempat.

Terimakasih.

1 9 10 11