SEMUA BENTUK PELAYANAN DI DINAS SOSIAL DIY TIDAK DIPUNGUT BIAYA-MEMBANTU MASYARAKAT ADALAH KEPUASAN KAMI

TINGKATKAN IMUNITAS, 89 PPKS EKS DISABILITAS MENTAL MENDAPATKAN VAKSIN BOOSTER COVID-19

(Last Updated On: 5 December 2022)

SLEMAN – Rabu, 30 November 2022 bertempat di Ruang Pertemuan Bina Laras Purwomartani Balai RSBKL, telah dilaksanakan kegiatan Vaksinasi Booster Covid-19 (vaksin tahap ke-3) kepada Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS) Disabilitas Mental yang ada di Unit Bina Laras Balai RSBKL Dinas Sosial DIY. Kegiatan ini adalah upaya yang dilakukan Balai RSBKL dalam meningkatkan kesehatan bagi PPKS di Balai RSBKL melalui vaksinasi.

Kegiatan diawali dengan mengajukan permohonan vaksinasi booster covid-19 kepada Dinas Kesehatan DIY. Sebagai tindak lanjut, pelaksanakan kegiatan Vaksinasi dilaksanakan oleh Puskesmas Kalasan, sebagai Tim Vaksinator yang terdiri dari Dokter, Perawat, dan Tenaga Kesehatan lainnya, dibantu oleh Petugas Kesehatan dan Pendamping Sosial dari Balai RSBKL.

Kegiatan diawali dengan pemeriksaan tanda-tanda vital, kadar gula darah dan screening awal sebagai syarat mendapatkan vaksin booster covid-19. Keseluruh PPKS mendapatkan vaksin booster dengan merk Pfizer. Dalam pelaksanaan vaksinasi ini, kegiatan berjalan lancar dan tidak ditemukan adanya Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI).

Kegiatan ini merupakan upaya Balai RSBKL Dinas Sosial DIY dalam mencegah penularan dan meningkatkan kekebalan terhadap Covid-19, sehingga dapat menurunkan angka penularan, kemungkinan kebutuhan akan perawatan lanjutan, dan penurunan angka kematian akibat wabah covid-19. Dengan dilaksanakannya kegiatan ini, harapannya terbentuk kekebalan komunitas di lingkungan Asrama Bina Laras, dan dapat berkontribusi pada upaya mengakhiri pandemi covid-19 yang masih berlangsung hingga saat ini. (Nurrudin Afif Wardani)

Tentang penulis