SEMUA BENTUK PELAYANAN DI DINAS SOSIAL DIY TIDAK DIPUNGUT BIAYA-MEMBANTU MASYARAKAT ADALAH KEPUASAN KAMI

SURVEI KEPUASAN MASYARAKAT BALAI REHABILITASI SOSIAL DAN PENGASUHAN ANAK

(Last Updated On: 27 September 2020)

Sebagai lembaga yang menjalankan pelayanan terhadap masyarakat (khususnya anak), Balai Rehabilitasi Sosial dan Pengasuhan Anak (Balai RSPA) rutin menjalankan Survei Kepuasan Masyarakat. Hasil dari survei ini sangat bermanfaat bagi perbaikan layanan di Balai RSPA.

Pada Tahun 2019 lalu, Balai RSPA melaksanakan survei dengan metode wawancara atau tatap muka dengan responden. Responden terdiri dari perujuk, orang tua atau wali anak dan anak asuh yang mendapatkan layanan di Balai RSPA. Terdapat 5 jenis layanan yang ada di Balai RSPA yaitu:

  1. Perlindungan, Pengasuhan dan Pengembangan Anak Terlantar
  2. Perlindungan, Pengasuhan dan Pengembangan Balita Terlantar
  3. Perlindungan, Pengasuhan dan Rehabilitasi Sosial bagi Anak yang Memerlukan Perlindungan Khusus (AMPK)
  4. Layanan Informasi Publik
  5. Layanan Pengaduan

Namun demikian, survei hanya dilaksanakan pada 3 jenis layanan, sedangkan survei pada 2 jenis layanan yang lain (Layanan Informasi Publik dan Layanan Pengaduan) tidak dilaksanakan karena tidak ada pengguna layanan pada tahun 2019.

Pekerja Sosial, Basuki, SIP, sedang mencermati undangan sosialisasi survei SKM
Drs Ruswandi R. Kasie PPS BRSPA, sedang memberikan paparan
Suasana sosialisasi Survei IKM BRSPA

Dari hasil survei diketahui nilai pada tiap jenis layanan. Nilai pada layanan Perlindungan, Pengasuhan dan Pengembangan Anak Terlantar adalah 85.64 dalam kategori kinerja Baik. Nilai terendah pada unsur waktu pelayanan sedangkan nilai tertinggi pada unsur biaya/ tarif. Pembahasan dan kaji ulang terkait Standar Pelayanan (kaitannya dengan waktu pelayanan) telah dilaksanakan walaupun belum melibatkan stake holders terkait.

Layanan Perlindungan, Pengasuhan dan Pengembangan Balita Terlantar memiliki nilai 82.21 dalam kategori kinerja Baik. Nilai terendah adalah pada unsur kompetensi pelaksana. Menyikapi hal tersebut, pada tahun 2020, Balai RSPA telah mengadakan pelatihan peningkatan kapasitas pegawai untuk pramu social. Nilai tertinggi adalah pada unsur biaya dan tarif karena segala layanan yang ada di Balai RSPA tidak dipungut biaya atau gratis.

Nilai pada layanan  Perlindungan, Pengasuhan dan Rehabilitasi Sosial bagi Anak yang Memerlukan Perlindungan Khusus (AMPK) merupakan yang tertinggi yaitu 88.69 yang termasuk dalam kategori kinerja Sangat Baik. Unsur yang memiliki nilai terendah adalah unsur persyaratan sedangkan unsur dengan nilai tertinggi adalah biaya/ tarif. Dalam layanan ini, Balai RSPA terus mengupayakan respon tanggap dan cepat terkait rujukan darurat (korban kekerasan, penelantaran, anak dengan disabilitas).

Dari hasil survei terhadap ketiga layanan tersebut, nilai Indeks Kepuasan Masyarakat pada Balai RSPA adalah 85.51 atau dalam kategori kinerja Baik. Walaupun demikian saran dan masukan dari seluruh pengguna layanan menjadi acuan perbaikan selama tahun 2020 ini. (*)

4 1 vote
Rating Artikel
Subscribe
Notify of
guest
0 Diskusi
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar