SEMUA BENTUK PELAYANAN DI DINAS SOSIAL DIY TIDAK DIPUNGUT BIAYA-MEMBANTU MASYARAKAT ADALAH KEPUASAN KAMI

RENCANA REVISI KEPUTUSAN GUBERNUR TENTANG KLASTER LOGISTIK

(Last Updated On: 17 Juni 2021)

Pertemuan dilaksanakan pada 14 Juni 2021 di ruang Pusdalops dengan peserta dari BPBD DIY, Polda DIY, Dinas Kesehatan DIY, Dinas Perhubungan DIY dan Korem untuk membahas rencana revisi Keputusan Gubernur DIY tentang klaster logistik

Klaster logistik adalah sekumpulan organisasi baik dari masyarakat, pemerintah dan dunia usaha yang bekerja bersama-sama untuk meningkatkan respon bidang logistik pada status keadaan darurat. Klaster pertama terbentuk di D.I.Yogyakarta dan ide muncul pertama ketika letusan gunung Merapi.

Dinas Sosial adalah leading sektor klaster logistik. Kepala Bidang Perlindungan Sosial dan Jaminan Sosial Dinas Sosial DIY, Sigit Alifianto, SE, MM. beliau menyampaikan perlu adanya pembentukan klaster-klaster yang lain untuk membantu kerja dalam berkolaborasi di lapangan. Partisipasi peran klaster logistic pada masa pandemi yang sudah berjalan dengan baik antara lain adalah Koordinasi, Transportasi dan Penyimpanan, Bufferstock, Pelatihan, Pengelolaan Sumberdaya, namun masih kurang baik di Pengelolaan Informasi. Diharapkan anggota kluster agar dapat melaporkan data logistik yang dimiliki oleh masing-masing instansi.

Kesimpulan akhir rapat adalah akan disusun draft rancangan perubahan untuk dibahas dalam pertemuan selanjutnya dengan mengundang sasaran lebih luas lagi.

0 0 votes
Rating Artikel
Subscribe
Notify of
guest
0 Diskusi
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar