SEMUA BENTUK PELAYANAN DI DINAS SOSIAL DIY TIDAK DIPUNGUT BIAYA-MEMBANTU MASYARAKAT ADALAH KEPUASAN KAMI

BIMTEK PENDAMPING REHSOS : ON-kan Hidupmu, Jadilah Pendamping Rehabilitasi Sosial yang Jempolan

(Last Updated On: 16 February 2022)

 

Perkembangan zaman saat ini, upaya pengembangan kapasitas merupakan bagian yang penting di dalam berbagai aspek kehidupan. Dalam kehidupan sehari-hari pengembangan kapasitas misalnya dilaksanakan dengan pendidikan, baik secara formal maupun informal. Di dalam organisasi misalnya melalui pelatihan-pelatihan sumber daya manusia, pengembangan kemampuan teknis, bimbingan pemantapan, dll. Didalam pemerintahan pengembangan kapasitas aparatur pemerintahan juga penting untuk meningkatkan performa aparatur dalam menjalankan tugasnya sebagai abdi negara, dan juga regulasi kebijakan pemerintahan. Dalam konteks pembangunan secara keseluruhanpun upaya pengembangan kapasitas menjadi bagian yang tidak terpisahkan. Dengan kata lain tidak mungkin terjadi suatu proses pembangunan/pengembangan dalam hal apapun tanpa upaya pengembangan kapasitas bagi pelaku maupun juga sistem yang mengaturnya.

Dinas Sosial DIY selaku organisai perangkat daerah yang malaksanakan urusan pemerintah bidang sosial secara rutin melaksanakan peningkatan kapasitas pada potensi sumber kesejahteraan sosial yang menjadi mitra kerja dalam pelayanan sosial. Dinas Sosial DIY melalui Bidang Rehabilitasi Sosial memiliki berbagai petugas pendamping lapangan rehabilitasi sosial seperti: pendamping penyandang disabilitas, tenaga kesejahteraan penyandang disabilitas, tenaga bantu pendamping sosial di SLB, tenaga bantu pendamping sosial di RPS, petugas rehabilitasi sosial pada Komite Disabilitas, pendamping sosial di Camp Asessment, dan pendamping rehabilitasi sosial anak dengan jumlah 30 orang.

Kegiatan bimtek pendamping rehabilitasi sosial dilaksanakan pada hari Selasa, 15 Februari 2021 di Hotel Manohara Yogyakarta, acara dibuka langsung oleh Kepala Dinas Sosial DIY, Endang Patmintarsih, SH., M.Si. Narasumber pada kegiatan ini adalah Drs. Prih Wardoyo, MPA penyuluh sosial madya dari BBPPKS Reg 3 Yogyakarta dengan materi “Pendamping Rehsos: ON-kan Hidupmu, Jadilah Pendamping Rehabilitasi Sosial yang Jempolan”. Peserta terlihat antusias dalam mengikuti acara tersebut hingga selesainya acara.

Peningkatan kapasitas para pendamping rehabilitasi sosial diarahkan pada usaha untuk meningkatkan kemampuan individu-individu agar mereka mampu memanfaatkan semua potensi dan kemampuan yang ada pada dirinya untuk dapat dimanfaatkan demi peningkatan keberfungsian sosial para pemerlu pelayanan kesejahteraan sosial. Upaya peningkatan kapasitas individu ini meliputi usaha-usaha pembelajaran baik dari ranah pengetahuan, sikap atau penyadaran kritis dan keterampilannya. Peserta diajak untuk dapat merumuskan tujuan, motivasi, pasion, dan kolaborasi dalam menerapkan pekerjaan sebagai pendamping rehabilitasi sosial.

 

Penulis: Heru Ramadhan

Penyuluh Sosial Pertama

Bidang Rehabilitasi Sosial

5 1 vote
Rating Artikel
Subscribe
Notify of
guest
0 Diskusi
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar