SEMUA BENTUK PELAYANAN DI DINAS SOSIAL DIY TIDAK DIPUNGUT BIAYA-MEMBANTU MASYARAKAT ADALAH KEPUASAN KAMI
(Last Updated On: 3 December 2022)

RADAR JOGJA – Sebanyak 88.129 keluarga di Sleman menerima bantuan langsung tunai (BLT) dari pemerintah pusat. Jenisnya ada tiga macam. Yakni BLT BBM, bantuan pangan non tunai (BPNT), dan program keluarga harapan (PKH).

Sub Koordinator Pemberdayaan Sosial Dinas Sosial Sleman Feri Istanto mengatakan, bantuan sudah mulai didistribusikan tiga hari belakangan. Pencairan dikoordinir langsung oleh PT Pos Indonesia. “Variatif ya karena tiga bantuan turun barengan lewat pos. Ada yang BLT BBM dan sembako, ada yang BBM dan PKH, ada yang ketiganya dapat. Tapi kalau BLT BBM, semua menerima,” beber Feri kemarin (28/11).

Karena menjelang Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2023 (Nataru), Feri mengimbau, agar bantuan dari pemerintah dimanfaatkan dengan baik. Karena ada kecenderungan harga kebutuhan pokok meningkat jelang hari raya. “Subsidi ke masyarakat membantu menekan pengeluaran masyarakat karena pasti bertambah. Dibantu ini harapannya membantu subsidi pengeluaran mereka,” ujarnya.

Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo menekankan, agar para penerima BLT dapat memanfaatkan bantuan dengan baik. Skala prioritas, harus dilakukan. “Beli yang pokok-pokok saja. Supaya nanti, bisa untuk hidup satu bulan bermanfaat. Yang pokok bagaimana kita bisa makan, pendidikan, dan sekolah anak,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial DIJ Endang Patmintasih mengatakan, bantuan yang digelontorkan pemerintah pusat mencapai Rp 156 miliar. Diperuntukkan bagi 364.302 keluarga di lima kabupaten/kota di DIJ. “Bantuan terdiri dari BLT November-Desember, BPNT Oktober-Desember, dan PKH triwulan IV,” rincinya.

Dia menyebut, keluarga penerima manfaat (KPM) terdiri dari 95.364 berasal dari Bantul, dan 88.129 dari Sleman. Sedangkan 25.817 KPM berasal dari Kota Jogja, 55.086 dari Kulonprogo, dan 99.906 dari Gunungkidul. (lan/eno)

Artikel ini telah tayang di radarjogja.jawapos.com dengan judul Penerima BLT Capai 88 Ribu KPM, https://radarjogja.jawapos.com/sleman-bantul/2022/11/29/penerima-blt-capai-88-ribu-kpm/

Tentang penulis