SEMUA BENTUK PELAYANAN DI DINAS SOSIAL DIY TIDAK DIPUNGUT BIAYA-MEMBANTU MASYARAKAT ADALAH KEPUASAN KAMI

Wakil Gubernur DIY Resmikan PRTPC Pundong

(Last Updated On: 9 Januari 2013)

BANTUL – Wakil Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta, Sri Paduka Paku Alam IX, mewakili Gubernur DIY, meresmikan Gedung Pusat Rehabilitasi Terpadu Penyandang Cacat, Rabu ( 27/5) yang terletak di desa Srihardono, Pundong Bantul. Selain acara peresmian juga diisi Doa Bersama dalam rangka refleksi 3 tahun gempa bumi di Kabupaten Bantul. Acara ini dihadiri para tokoh masyarakat, tokoh agama.

Dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Wakil Gubernur, Gubernur DIY mengajak segenap hadirin agar peristiwa gempa 27 Mei yang meluluhlantakkan sendi-sendi kehidupan ekonomi masyarakat, kelak bisa disampaikan kepada anak cucu untuk diambil hikmahnya. “Peristiwa tersebut tidak bisa lepas dari memori, sehingga perlu kita sampaikan kepada anak cucu kita supaya diambil hikmahnya”, katanya.

Menurut laporan penyelenggara, yang disampaikan Kepala Dinas Pekerjaan Umum Provinsi DIY, Rani Sjamsinarsi,  Gedung PRTPC yang menempati areal seluas 3,5 ha ini pembangunannya dilaksanakan dalam satu tahun anggaran dengan menggunakan dana APBN yang dihibahkan melalui dinas Kimpraswil Provinsi DIY (Dana Rehabilitasi dan Rekonstruksi Non Perumahan) senilai Rp. 58,6 M. Beberapa failitas yang ada didalamya antara lain: dormitory (ruang rawat inap), ruang ketrampilan, psikososial, fisioterapi, psikososial, okupasi terapi, dan lain sebagainya.

Sementara itu, dalam sambutannya selaku pejabat setempat, selain menyampaikan ucapan selamat datang,  Bupati Bantul, Drs. H. Idham Samawi juga berharap kepada Pemerintah Propinsi DIY, sebagai pengelola lembaga ini, agar menggunakan tenaga kerja dari masyarakat setempat, khususnya warga desa Srihardono, karena bagaimanapun aktivitas lembaga tersebut tidak bisa dilepaskan dari masyarakat setempat.

Pada kesempatan tersebut, juga  dilaksanakan penyerahan bantuan kepada para penyandang cacat, diantaranya berupa bantuan bahan makanan bagi Lansia Paca, bantuan kursi roda bagi penderita cacat tubuh (lumpuh), bantuan operasional untuk Himpunan Penyandang Cacat, serta bantuan peralatan sekolah dan seragam bagi para siswa penyandang cacat (anak cacat).

 

                                                       (Sumber : Subag Program dan Informasi)

0 0 votes
Rating Artikel
Subscribe
Notify of
guest
0 Diskusi
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar