SEMUA BENTUK PELAYANAN DI DINAS SOSIAL DIY TIDAK DIPUNGUT BIAYA-MEMBANTU MASYARAKAT ADALAH KEPUASAN KAMI-HOTLINE BANSOS COVID-19-WA : 0812 2683 9099-Email: dissosdiy.bansoscovid19@jogjaprov.go.id

UPACARA HARI KESAKTIAN PANCASILA

(Last Updated On: 16 November 2018)

Penulis : Wibowo Budhi.

 

Yogyakarta (01/10/2018). “Pancasila sebagai landasan kerja mencapai prestasi bangsa”. Tema peringatan Hari Kesaktian Pancasila tahun 2018. Tema ini dapat memberikan kesadaran bagi kita bersama untuk meresapi nilai-nilai luhur yang telah dirumuskan oleh para pendiri bangsa tersebut untuk merekat erat sebagai kepribadian bangsa.

 

Kepala Dinas Sosial DIY. Drs. Untung Sukaryadi, MM; menyampaikan sambutan Gubernur Daerah Istimwa Yogyakarta dalam upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila di halaman Dinas Sosial DIY. Sambutan sebanyak 5 lembar tersebut disampaikannya dengan sangat jelas.

Dua ratusan peserta upacara hadir berbalut pakaian warna hitam putih berpeci bagi laki-laki dan mengenakan syal bagi peserta wanita. Mereka adalah ASN Dinas Sosial Daerah Istimewa Yogyakarta dan ASN dari balai di lingkungan Dinas Sosial DIY.

Lilis Sulistiyowati, S.Sos, M.Si membaca ikrar tentang kebulatan tekad kesetiaan pada pancasila. “maka dihadapan Tuhan Yang Maha Esa dalam memperingati Hari Kesaktian Pancasila, kami membulatkan tekad untuk tetap mempertahankan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebagai sumber kekuatan menggalang kebersamaan untuk memperjuangkan, menegakkan kebenaran dan keadilan demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia”. Seluruh peserta menirukan ikrar yang diucapkan dengan lantang.

 

Pemilihan tema diatas untuk mengingatkan bahwa bangsa Indonesia memiliki kepribadian yang berlandaskan Pancasila, sehingga dihormati dan disegani olah bagsa lain. Pancasila tidak sekedar slogan, tetapi harus diparktekkan. Pancasila akan menjadi sakti kalau Pancasila jadi kepribadian bangsa. Demiian juga dengan memperingati Hari Kesaktian Pancasila secara rutin setiap tahun, maka akan menjadi pengingat bagi kita sebagai bangsa Indonesia memiliki nilai-nilai luhur yang tidak bertentangan dengan nilai-nilai modern.

Saatnya kita kembali untuk menjadikan Pancasila sebagai jati diri bangsa. “Saya Indonesia, Saya Pancasila”.

0 0 vote
Rating Artikel
Subscribe
Notify of
guest
0 Diskusi
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar