SEMUA BENTUK PELAYANAN DI DINAS SOSIAL DIY TIDAK DIPUNGUT BIAYA-MEMBANTU MASYARAKAT ADALAH KEPUASAN KAMI

SERUNYA ANAK ASUH DAN KARYAWAN MEMANCING LELE PADA LOMBA TUJUHBELASAN BRSPA

(Last Updated On: 29 Agustus 2021)

Anak-anak Balai RSPA pada hari Sabtu, 21 Agustus 2021 kemarin tampak tertawa gembira ketika beberapa diantara mereka berhasil mendapatkan ikan lele yang berukuran besar-besar dalam lomba memancing. Ada pula diantara mereka yang harus gigit jari karena sekian lama menunggu ternyata kailnya tidak disentuh oleh ikan. Beberapa anak yang berhasil mendapat ikan, ternyata tidak semuanya berani melepas ikan dari kailnya. Dengan penuh kesabaran, petugas-petugas yang menjadi panitia sekaligus ikut memeriahkan lomba, membimbing anak-anak mulai dari memasang umpan, menunggui umpan dimakan ikan, hingga memperoleh ikan lele hasil pancingan. Semua tampak gembira, meskipun ada saja yang jengkel karena gagal memperoleh ikan satu ekor pun.

Lomba memancing hanyalah salah satu lomba dalam serangkaian kegiatan lomba tujuhbelasan di Balai RSPA DIY. Memang, dalam rangka memperingati HUT RI ke 76, Balai RSPA menggelar lomba-lomba yang diikuti oleh anak-anak asuh yang menjadi pemerlu pelayanan kesejahteraan sosial (PPKS) di Balai ini. Ada beberapa lomba yang digelar, diantaranya lomba mewarnai gambar, lomba membuat puisi dan melukis, lomba menulis lirik Lagu Kebangsaan Indonesia Raya (hafalan), lomba menulis teks naskah proklamasi kemerdekaa RI, lomba adu gasing, dan puncak lomba adalah lomba memancing. Semua lomba tersebut dilakukan dengan sudah memperhitungkan protokol kesehatan. Semua lomba juga dibuat dengan persyaratan sesuai dengan umur dan kemampuan dari anak-anak asuh.

Tujuan diadakannya lomba-lomba ini selain sebagai hiburan, yang paling utama adalah memberikan penanaman nilai dan pengalaman bagi anak-anak asuh Balai RSPA DIY tentang makna dan semangat kemerdekaan RI.  Untuk itulah dalam lomba mewarnai dan melukis adalah gambar dengan tema kepahlawanan. Demikian pula dengan menulis lirik Lagu Kebangsaan Indonesia Raya serta teks naskah Proklamasi Kemerdekaan RI. Bagaimana mungkin anak-anak akan bisa mengenal sejarah perjuangan bangsanya jika Lagu Kebangsaan dan Naskah Proklamasi saja tidak bisa? Tantangan itulah yang harus dijawab oleh anak-anak asuh Balai RSPA di dalam lomba yang berlangsung selama 15 menit.

Untuk lomba adu gasing, digunakan gasing tradisional yang terbuat dari bambu. Anak-anak diajak untuk memutar gasing bersamaan dan siapa yang paling lama berputar dialah yang menang. Acara adu gasing  sangat seru karena merupakan permainan tradisional yang sudah dikenalkan kepada anak-anak asuh BRSPA  untuk hiburan yang lebih baik daripada sekedar menghabiskan waktu dengan gadget.

Puncak acara, adalah lomba memancing. Anak-anak diajak untuk memancing di kolam Balai RSPA yang sudah sejak awal Januari 2021 ditebari bibit ikan lele. Anak-anak diajak untuk menggunakan pancing atau kail sederhana dan dinilai siapa yang mendapat ikan paling banyak dan paling besar.

Pada lomba memancing ini, yang ikut tidak hanya anak-anak, tetapi juga dimeriahkan oleh karyawan-karyawati Balai RSPA yang juga tertarik memancing. Termasuk di antara yang ikut adalah Kepala Balai RSPA, Suparmin, MPSSp. Meskipun, tentu saja, keikutsertaan karyawan-karyawati Balai RSPA ini  tidak menjadi bagian dari peserta yang dilombakan. Akan tetapi, dengan adanya kegiatan memancing ini keakraban antara anak dan karyawan-karyawati menjadi semakin terjalin.  Mulai dari saling bantu memasang umpan, melempar joran, sampai dengan tertawa bersama ketika umpan yang dipasang ditangkap oleh ikan lele.

Sebagaimana biasanya kegiatan 17-an, bagi para pemenang diberikan hadiah sebagai penghibur dan penyemangat. Meskipun nilainya tak seberapa, setidaknya dengan kegiatan ini anak-anak tetap bisa merasakan kemeriahan 17-an yang jauh lebih baik keadaanya dibandingkan dengan masyarakat di luar Balai yang banyak ditiadakan karena harus mengikuti PPKM sebagai bagian dari upaya bersama menekan penyebaran Covid 19. (Fer)

4 7 votes
Rating Artikel
Subscribe
Notify of
guest
0 Diskusi
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar