SEMUA BENTUK PELAYANAN DI DINAS SOSIAL DIY TIDAK DIPUNGUT BIAYA-MEMBANTU MASYARAKAT ADALAH KEPUASAN KAMI

PERINGATAN SUMPAH PEMUDA DINSOS DIY

(Last Updated On: 28 Oktober 2013)

Oleh: Ari Winarto

Peringatan hari Sumpah Pemuda pada tahun ini Dinas Sosial menyelenggarakan uapcara secara sederhana, yakni upacara bendera di halaman kantor Dinas sosial DIY di Janti, Banguntapan, peserta upacara yang diikuti oleh semua karyawan Dinas Sosial DIY dan semua karyawan-karyawati di Unit Pelaksana Tugas di lingkungan Dinas Sosial DIY yaitu Panti Sosial bina Remaja Beran Sleman, Panti Sosial Karya Wanita Sidoarum, Godean, Panti Sosial Tresna Werdha Budi Luhur maupun Abiyosa, Panti Sosial Petirahan Anak Bimo martani maupun  yang ada di Wonosari, Panti Sosial Pamardi Putra dan BRTPD Pundong Bantul. juga ada dari Universitas Islam Negri Yogyakarta.

Gb. Pengibaran Bendera Merah Putih oleh Karyawan PSBK.

Gb. Penghormatan sang merah putih.

Gb. Peserta upacara.

Gb. Peserta upacara.

Dalam sambutan tertulis Mentri Pemuda dan Olahraga dalam HUT ke 85 tahun 2013 ini di bacakan oleh kepala Dinas Sosial DIY, Drs. Untung sukaryadi MM dengan mengambil tema Dengan Sumpah Pemuda, Kita wujudkan Pemuda yang santun, cerdas, inspiratif, dan berprestasi. Tekat tersebut telah di praktikan dalam kehidupan sehari-hari sehingga bangsa Indonesia dengan pasti menapak jalan sejarahnya sesuai dengan nilai-nilai sumpah pemuda dan UUD 1945.

Seperti diketahui, pada tahun-tahun sebelumnya, Kementrian Pemuda dan Olahraga telah mencanangkan dan mengupayakan gerakan kemandirian dalam berwira usaha, gerakan pemantapan nasionalisme dan identitas kebangsaan. hal ini tampaknya telah adanya sambutan yang berharga sehingga tapak ada gairah dalam kehidupan pemuda untuk mengembangkan berbagai kegiatan berwirausaha, gerakan nasionalisme dan identitas kebangsaan, sehingga secara langsung hal ini ikut meningkatkan perkembangan makro kinerja masyarakat dan pemuda Indonesia.

Disamping itu, Kementrian Pemuda dan Olahraga juga telah mengelola secara terus menerus upaya pembangunan pemuda berkarakter, menuju masa depan yang berkepribadian tangguh, patriotik, dan menjungjung tinggi nilai-nilai ke Indonesiaan.

Gb. KaDinsos DIY Drs. Untung Sukaryadi MM.

Nilai-nilai tersebut telah diperlihatkan oleh para pemuda dengan sinergi yang semakin kompak dan bersatu. hal ini juga berkaitan dengan keberterimaan pemuda dengan UU kepemudaan yang dapat dipraktikan dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara, dan secara mengglobal.

Telah kita ketahui bersama pada tahun 2015 kita memasuki era komonitas ASEAN 2015, yang meliputi komunitas keamanan, ekonomi, dan sosial budaya. Era Komunitas ASEAN 2015 tersebut mau tidak mau meminta kesiapan kita untuk mampu bekerjasama secara terbuka dalam mengelola arus barang dan jasa, dan menuntut kesiapan kita untuk bekerja sama dengan berbagai komunitas dari berbagai negara ASEAN.

Nilai – nilai tersebut selayaknya menjadi pegangan hidup pemuda Indonesia agar Indonesia dapat segera mengentaskan dirinya menghadapi berbagai masalah dengan cara-cara yang lembut, ramah, tetapi sekaligus memperhatikankinerja kecendekiaan, imajinatif, dan bermutu tinggi. (Ari W.)

0 0 votes
Rating Artikel
Subscribe
Notify of
guest
0 Diskusi
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar