SEMUA BENTUK PELAYANAN DI DINAS SOSIAL DIY TIDAK DIPUNGUT BIAYA-MEMBANTU MASYARAKAT ADALAH KEPUASAN KAMI

Peringatan HKSN 2020 : Dissos DIY Usung Tema Kesetiakawanan Sosial Melawan Covid-19

(Last Updated On: 18 Desember 2020)

Dinas Sosial (Dissos) DIY menyelenggarakan peringatan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) di tengah pandemi Covid-19 secara sederhana. Tema yang diusung ialah “Kesetiakawanan Sosial Melawan Covid-19”.

Wakil Gubernur DIY, KGPAA Paku Alam X dalam video sambutannya mengatakan kesetiakawanan sosial adalah nilai dasar yang terwujud dalam bentuk pikiran sikap, dan tindakan saling peduli dan berbagi dan dilandasi oleh kerelaan, kesetiaan, kebersamaan, dan toleransi dan juga kesetaraan guna meningkatkan harkat dan harga diri setiap warga negara Indonesia. “Kita kuatkan kembali niat kita untuk tolong menolong, gotong royong, dan kebersamaan untuk kemuliaan martabat manusia,” ungkapnya.

Tidak seperti biasanya, pembatasan jumlah kehadiran diberlakukan guna memutus rantai persebaran Covid-19. Bagi yang hadir wajib mematuhi protokol kesehatan Covid-19 secara ketat dan yang tidak hadir dapat mengikuti secara virtual. “Tentunya dengan protokol kesehatan ketat. Kami menayangkan ini secara virtual karena balai-balai kami tidak bisa bersatu (hadir) dengan kami,” ungkap Kepala Dinsos DIY, Endang Patmintarsih, Kamis (17/12) pada sambutan pembukaan peringatan HKSN 2020. “Tidak seperti tahun sebelumnya, namun nilai luhur kesetiakawanan sosial tetap digelorakan,” imbuhnya.

Sambutan Kepala Dinas Sosial DIY dalam acara seremonial peringatan HKSN Tahun 2020

Endang mengatakan kondisi yang serba sulit dalam masa pandemi menuntut kerjasama dari berbagai pihak untuk saling membantu dan meringankan beban masyarakat melalui berbagai cara dan kemampuan masing-masing orang. “Dalam kondisi seperti ini juga dituntut untuk mengembangkan sikap kesetiakawanan sosial di masyarakat agar keseimbangan sosial tetap terjaga dan timbul rasa saling asah, asih dan asuh diantara anggota masyarakat,” jelasnya.

Serangkaian acara dihadirkan pada acara peringatan HKSN, meliputi ziarah di taman makam pahlawan Kusumanegara, sarasehan restorasi sosial, lomba vlog antar balai, bidang, dan sekretariat, serta bakti sosial pemberian paket sembako bagi 330 orang dan bantuan beasiswa untuk 120 anak. “Bakti sosial wujud meningkatkan rasa kesetiawan, solidaritas, tepa selira, dan saling mengasihi sesama,” imbuhnya.

Pada kesempatan yang sama, Dissos DIY juga meluncurkan slogan baru yakni Melayani dan Mrantasi. Endang berharap dengan slogan baru maka pelayanan yang diberikan kepada masyarakat lebih maksimal. “Semoga dengan slogan baru dapat mengobarkan semangat, agar semakin kita bisa memberikan pelayanan lebih maksimal dan berguna bagi masyarakat,” ujarnya.

Hari Sosial atau Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) diperingati pada tanggal 20 Desember setiap tahunnya sebagai rasa syukur dan hormat atas keberhasilan seluruh lapisan masyarakat Indonesia dalam menghadapi ancaman bangsa lain yang ingin menjajah kembali bangsa Indonesia.

Artikel ini telah tayang di harianmerapi.com dengan judul HKSN 2020: Dinsos DIY Usung Kesetiakawanan Sosial Melawan Covid-19

0 0 votes
Rating Artikel
Subscribe
Notify of
guest
0 Diskusi
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar