SEMUA BENTUK PELAYANAN DI DINAS SOSIAL DIY TIDAK DIPUNGUT BIAYA-MEMBANTU MASYARAKAT ADALAH KEPUASAN KAMI-HOTLINE BANSOS COVID-19-WA : 0812 2683 9099-Email: dissosdiy.bansoscovid19@jogjaprov.go.id

Peringatan 61 Tahun Serangan Umum 1 Maret 1949

(Last Updated On: 7 Januari 2013)

Dalam rangka memperingati 61 Tahun Serangan Umum 1 Maret 1949 di Taman Makam Pahlawan Kusumanegara Yogyakarta dilakukan Malam Tirakatan yaitu pada tanggal 28 Februari 2010 pukul 19.00 WIB sampai dengan selesai, bahwa Peringatan ini dimaksudkan untuk mengenang dan menghormati serta menghargai jasa-jasa para pejuang yang telah berhasil merebut dan mempertahankan kedaulatan RI.
Dari kegiatan dimaksud mengandung makna bahwa keberhasilan Serangan Umum 1 Maret 1949 karena terjalinnya kekompakan antara tentara angkatan bersenjata dan rakyat yang mempunyai semangat pantang menyerah, ulet, gigih, rela berkorban serta percaya kepada diri sendiri dan peristiwa tersebut merupakan wujud nyata persatuan dan kesatuan, maka patutlah semangat dan jiwa dari nilai-nilai keteladanan tersebut diwarisi dan diteladani dalam tata kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
Rangkaian Kegiatan Malam Tirakatan salah satunya adalah akan dilakukan Pemotongan Tumpeng oleh Ketua Badan Pembina WK III yaitu Bapak Mayor Jenderal TNI (Purn.) Sukotjo Tjokroatmodjo dan diserahkan kepada Walikota Yogyakarta sebagai Penyelenggara Kegiatan selanjutnya akan diserahkan secara estafet kepada Ketua Pemuda Pancasila Yogyakarta yaitu Saudara Farid Jayen Suparjan.

Selanjutnya juga akan dilakukan upacara ziarah dan tabur bunga yang dipimpin oleh Walikota Yogyakarta, dalam Malam Tirakatan Kepala Dinas Sosial Provinsi D.I Yogyakarta Bapak Drs. Sulistiyo, SH.CN.M.Si memberikan sambutan selamat datang dan ucapan terimakasih kepada semua lapisan masyarakat yang telah bersedia dan berpartisipasi aktif dalam memperingati 61 Tahun Serangan Umum 1 Maret 1949.

Kegiatan malam tirakatan ini didukung oleh Dinas Sosial Provinsi DIY, Pemerintah Kota Yogyakarta, Paguyuban WK III, Yayasan Monumen Yogya Kembali, Kodim 0734 Kota Yogyakarta, Face of Jogja, Pemuda Pancasila, EO Siben Yogyakarta, Masyarakat Tahunan Umbulharjo serta kelompok American Jeep Yogyakarta.

Puncak Acara Peringatan akan dilakukan upacara peringatan pada tanggal 1 Maret 2010 di Monumen Serangan Umum 1 Maret 1949 Jalan A. Yani Yogyakarta, dan sebelumnya pada hari yang sama komunitas Face of Jogja Sepeda Ontel dan Kelompok Sepeda lainnya mengadakan Theaterikal serangan fajar yang dipusatkan di depan Kantor Pos Besar pada jam 05.00 WIB. Berangkat dari Taman Makam Pahlawan Kusumanegara menuju ke Barat dengan pakaian lengkap tentara dan rakyat tempo dulu serta siswa sekolah bersepeda dari 4 (empat) penjuru, kawasan utara SMK 2 Yogyakarta, kawasan timur SMA 8 Yogyakarta, kawasan selatan SMP 18 Yogyakarta, dan kawasan barat SMU I Teladan Yogyakarta bergerak menuju titik 0 kota Yogyakarta untuk mengikuti Upacara Peringatan Seerangan Umum 1 Maret 1949

0 0 vote
Rating Artikel
Subscribe
Notify of
guest
0 Diskusi
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar