SEMUA BENTUK PELAYANAN DI DINAS SOSIAL DIY TIDAK DIPUNGUT BIAYA-MEMBANTU MASYARAKAT ADALAH KEPUASAN KAMI

PENINGKATAN KAPASITAS MELALUI FDS

(Last Updated On: 22 Oktober 2014)

Meluncurnya Program Keluarga Harapan PKH sejak tahun 2008 hingga sekarang di Daerah Istimewa Yogyakarta bukan waktu yang singkat bagi para pendamping PKH untuk mengenal kliennya yaitu (Keluarga Sangat Miskin) KSM peserta PKH.

Pertemuan kelompok yang dijalankan secara rutin berdampak pada kedekatan emosional antara pendamping dan peserta PKH. Hal tersebut merupakan celah potensi yang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan pengetahuan dan kapasitas diri peserta PKH selaku Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS). Dalam setiap pertemuan kelompok disampaikan informasi terkait kepesertaan PKH dan lebih luas sebagai proses pembelajaran oleh pendamping.

Pendamping menunjukkan pengabdian mereka sebagai Potensi Sumber kesejahteraan Sosial (PSKS). Tidak hanya melaksanakan tugas pokok dan fungsinya sebagai pendamping PKH akan tetapi mampu mengoptimalkan pelayanan lain yang bernada panggilan kemanusiaan. Termasuk mengajak peserta PKH untuk berdiskusi kemudian percaya diri dan berani menyampaikan pendapat dalam sebuah forum. Disinilah peran pendamping sebagai agen perubahan.

Familly Development Session (FDS) adalah proses pembelajaran dengan menyampaikan dan membahas informasi praktis dibidang kesehatan, pendidikan, ekonomi dan kesejahteraan keluarga. Menggunakan metode blended learning yaitu memanfaatkan media video animasi, proses diskusi dan dialog antar peserta dan narasumber yang kompeten, maka FDS dirasa mampu menjadi formula demi peningkatan kapasitas diri peserta PKH.

Semangat pendamping untuk berupaya meningkatkan kapasitas diri PMKS dalam hal ini peserta PKH ditangkap dan difasilitasi oleh pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta melalui Seksi KTK PM dan Jamsos, Dinas Sosial Daerah Istimewa Yogyakarta. 4 (empat) Kecamatan terpilih sebagai target pelaksanaan kegiatan FDS yang dialokasikan dari dana APBD. Jadwal pelaksanaanya adalah di Pendopo Kecamatan Sleman pada 16 September 2014, 17 September 2014 di Pendopo Kecamatan Tempel Sleman , dan 18 September 2014 di Kecamatan Gamping Sleman dan Kecamatan Wonosari Gunungkidul.

Kegiatan ini diharapkan membuka kesempatan bagi peserta PKH untuk mengaktualisasikan diri, meningkatkan pengetahuan, serta tumbuh kepercayaan diri pada peserta PKH sehingga lebih lanjut berdampak pada masa depan anak-anak dan keluarga mereka.

Yogyakarta, 17 September 2014
(LISTA RANTIKA, Operator PKH, Daerah Istimewa Yogyakarta)
SUMBER : HARIAN PAGI BERNAS JOGJA halaman 4 JUMAT 19 September 2014
0 0 votes
Rating Artikel
Subscribe
Notify of
guest
0 Diskusi
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar