SEMUA BENTUK PELAYANAN DI DINAS SOSIAL DIY TIDAK DIPUNGUT BIAYA-MEMBANTU MASYARAKAT ADALAH KEPUASAN KAMI

PENDAMPINGAN BELAJAR ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI BRSPA

(Last Updated On: 31 Oktober 2021)

Salah satu pelayanan yang diberikan di Balai Rehabilitasi Sosial dan Pengasuhan Anak (BRSPA) adalah adanya pelaksanaan pendampingan anak berkebutuhan khusus yang masuk dalam kategori AMPK (Anak Memerlukan Perlindungan Khusus) dalam kegiatan pembelajaran sekolahnya. Sebagaimana ketahui selama pandemi Covid, pembelajaran dilakukan secara daring. Di BRSPA unit Bimomartani, Ngemplak, Sleman, Yogyakarta,  ada 4 anak yang menjadi siswa SLB Sehingga pendampingan pembelajaran untuk anak-anak SLB di BRSPA sangat penting dilakukan.  

Proses pembelajaran di BRSPA dilakukan dengan disesuaikan jam sekolah. Anak-anak semangat mengerjakan soal-soal atau tugas dari sekolah (SLB N 1 Sleman).  Pendampingan khusus diperlukan agar anak-anak bisa menyerap materi pelajaran, dan menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan dari sekolah.

Bahan pelajaran untuk anak-anak SLB ini ada yang dikirim langsung lewat WA oleh gurunya, ada juga yang berupa buku LKS.  Setelah selesai dikerjakan, tugas-tugas tersebut dikumpulkan di sekolah. Sebagaimana komitmen BRSPA untuk melayani sepenuh hati, pendampingan anak  berkebutuhan khusus dalam hal pembelajaran menjadi salah satu prioritas pelayanan anak asuh untuk tetap dilakukan meskipun tantangannya tidak mudah. Yaitu mulai dari pengenalan gadget pada anak berkebutuhan khusus, mengaplikasikan tugas, serta berperan menjadi guru anak asuh. Semua dilakukan dengan harapan anak-anak bisa meraih cita-citanya dan masa depannya dengan lebih baik. (Mus& Fer)

0 0 votes
Rating Artikel
Subscribe
Notify of
guest
0 Diskusi
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar