SEMUA BENTUK PELAYANAN DI DINAS SOSIAL DIY TIDAK DIPUNGUT BIAYA-MEMBANTU MASYARAKAT ADALAH KEPUASAN KAMI

PEMBINAAN PENSOSMAS DI KABUPATEN BANTUL

(Last Updated On: 16 February 2022)

Bantul (15/2), Dalam mengoptimalkan peran pilar sosial Dinas Sosial Kabupaten Bantul bekerjasama dengan Dinas Sosial DIY melaksanakan kegiatan pembinaan dan koordinasi dengan mengundang SDM Penyuluh Sosial Masyarakat (Pensosmas) yang berasal dari Kabupaten Bantul, kegiatan dilaksanakan di Aula Dinas Sosial Kabupaten Bantul pada hari Selasa (15/2).

Dalam sambutan Kepala Dinas Sosial Kabupaten Bantul yang diwakili oleh Safrudin Ansori, S.ST , “Kegiatan ini kegiatan pertama di tahun 2022, akan ada 10 kali pertemuan. Oleh karenanya setiap Pensosmas di persilakan menyiapkan bahan untuk sharing pada pertemuan berikutnya”, ungkap Safrudin.

Jumlah Pensosmas di Kabupaten Bantul sampai tahun 2022 ini sebanyak 20 orang yang berasal dari 20 Kalurahan di Wilayah Kabupaten Bantul. Sehingga perannya diharapkan dapat memberikan penyuluhan langsung kepada masyarakat juga terlibat dalam program strategis seperti Penyuluhan Desa Berketahanan Sosial, Penanganan PMKS dan Penumbuhan WKSBM.

Safrudin menambahkan bahwa agenda penumbuhan WKSBM tahun 2022 akan dimulai dari wilayah Kapanewon Sewon, dalam hal ini Dinas Sosial Kabupaten Bantul menugaskan Pensosmas untuk berkoordinasi dengan Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) di wilayahnya masing-masing.

Kesuksesan dalam penumbuhan WKSBM yaitu adanya dukungan dari Pemerintah Kalurahan, tugas Pensosmas dapat mendorong terbentuknya WKSBM juga harus siap memberikan penyuluhan dalam hal optimalisasi WKSBM.

Sedangkan Tri Susilastuti, AKs Sub Koordinator/Penyuluh Sosial Ahli Muda Seksi Penyuluh Sosial Bidang Penanganan Fakir Miskin Dinas Sosial DIY memberikan materi tetang Penyuluh Sosial Kini dan Nanti. Tri menyampaikan peran Pensosmas sangat penting terutama menjadi mitra program-program Dinas Sosial, di tahun 2022 Dinas Sosial telah melakukan telaah baik dalam hal regulasi maupun anggaran yang nantinya melibatkan peran serta Pensosmas se-DIY.

Dalam sesi sharing tanya jawab, Jamilludin Pensosmas Bantul yang bertugas di Kalurahan Panggungharjo menyampaikan harapan kepada Dinas Sosial DIY. “Karena ditingkat DIY sudah terbentuk Forum Pensosmas pada tahun 2021 maka kami berharap di tahun 2023 dapat fasilitasi sekretariat Forum Pensosmas sebagai wadah koordinasi maupun kegiatan lainnya”, demikian harapan Kang Jamil mewakili Pensosmas DIY tersebut. (JML)

3.4 8 votes
Rating Artikel
Subscribe
Notify of
guest
0 Diskusi
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar