SEMUA BENTUK PELAYANAN DI DINAS SOSIAL DIY TIDAK DIPUNGUT BIAYA-MEMBANTU MASYARAKAT ADALAH KEPUASAN KAMI-HOTLINE BANSOS COVID-19-WA : 0812 2683 9099-Email: dissosdiy.bansoscovid19@jogjaprov.go.id

PEMANTAPAN PETUGAS MANAJEMEN PENGUNGSI

(Last Updated On: 16 November 2018)

Yogyakarta (28/7/2017)  Pada tanggal 24 -27 Juli 2017 bertempat di Hotel Jayakarta, Dinas Sosial DIY melalui Seksi Bantuan Sosial dan Korban Bencana Bidang Bantuan dan Jaminan Sosial (Banjamsos) didukung Kementerian Sosial RI menyelenggarakan kegiatan “Pemantapan Petugas Manajemen Pengungsi” yang dibuka langsung oleh Kepala Dinas Sosial DIY, Drs. Untung Sukaryadi, MM didampingi Kepala Bidang Banjamsos Drs. Suryana, M.Si dan Kepala Seksi Bantuan Sosial dan Korban Bencana, Sigit Alifianto, SE,MM.

Kegiatan ini merupakan bagian dari program Perlindungan dan Jaminan Sosial dalam Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam tahun anggaran 2017.  Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memantapkan kapasitas petugas penanggulangan bencana dengan meningkatkan pengetahuan peserta terkait manajemen pengungsi.

Kegiatan ini diikuti oleh 75 orang anggota Taruna Siaga Bencana (TAGANA) DIY yang berusia 18 – 45 tahun yang dipandang mampu memahami peran TAGANA dalam Klaster Pengungsian dan Perlindungan, mampu memahami tentang pengelolaan shelter dan advokasi sosial, mampu memahami mekanisme kerja POSKO, tugas, peran dan fungsi TAGANA, dan mampu memahami cara softskill untuk transfer ilmu pengetahuan kepada anggota TAGANA yang lain.

Materi yang disampaikan dalam kegiatan Pemantapan Petugas Manajemen Pengungsi ini terdiri dari pemahaman tentang sinergitas dengan komponen Penanggulangan Bencana lainnya, kebijakan peran petugas Perlindungan sosial dalam manajemen penanganan pengungsi dan advokasi sosial, pemahaman Basic SPHERE (Pengaturan dan Pengelolaan Shelter), pengendalian keamanan di shelter (antisipasi kejadian dan penanganan kejadian kriminal dan pelecehan seksual), pengelolaan shelter berwawasan kesehatan dan lingkungan sehat, pengenalan jenis tenda dan teknik penempatannya, shelter ramah difabel, dan pengelolaan Posko (Posko kesiapsiagaan dan Posko Tanggap Darurat). Selain materi tersebut, peserta juga dibekali dengan pemantapan pengetahuan baris berbaris, dinamika kelompok, pembinaan teknis TAGANA, teknik softskill transfer knowledge, dan simulasi praktik lapangan.

Narasumber yang dihadirkan dalam kegiatan ini melibatkan berbagai elemen baik lembaga maupun praktisi pusat dan daerah yang kompeten di bidangnya meliputi narasumber dari DIT. PSKBA Kemensos RI, POLDA DIY, Dinas Kesehatan DIY, Dinas Sosial DIY sendiri serta instruktur yang berpengalaman.

Melalui kegiatan ini, Dinas Sosial DIY berharap adanya peningkatan kapasitas dan kemampuan TAGANA di DIY dalam memberikan pelayanan terbaik bagi korban bencana secara profesional.(*)

 

0 0 vote
Rating Artikel
Subscribe
Notify of
guest
0 Diskusi
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar