SEMUA BENTUK PELAYANAN DI DINAS SOSIAL DIY TIDAK DIPUNGUT BIAYA-MEMBANTU MASYARAKAT ADALAH KEPUASAN KAMI

PEMANTAPAN PETUGAS DUKUNGAN PSIKOSOSIAL

(Last Updated On: 16 November 2018)

Yogyakarta (1/8/2017) Dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan kemampuan bagi petugas layanan dukungan Psikososial, Dinas Sosial DIY melalui Seksi Bantuan Sosial dan Korban Bencana didukung oleh  Kementerian RI menyelenggarakan kegiatan “Pemantapan Petugas Dukungan Psikososial Tahun 2017” pada tanggal 28 – 31 Juli 2017 di Hotel Jayakarta. Peserta dalam kegiatan ini merupakan anggota TAGANA DIY yang juga ditugaskan dalam layanan dukungan psikososial korban bencana.

Materi yang disampaikan dalam kegiatan ini meliputi Pemahaman tentang Sinergitas dengan Komponen Penanggulangan Bencana lainnya, Kebijakan tentang Peran Petugas Perlinsos dalam Layanan Dukungan Psikososial, Prinsip-prinsip dan Metode Pendampingan Sosial, Pengenalan Dampak Psikologis Akibat Bencana (Psychology First Aid dan Teknik Terapi Psikososial), Advokasi Sosial dan Rujukan, dan Assessment dan Rencana Intervensi. Selain materi tersebut, peserta juga dibekali dengan pemantapan pengetahuan baris berbaris, dinamika kelompok, pembinaan teknis TAGANA, pengelolaan Posko (Posko kesiapsiagaan dan Posko Tanggap Darurat), teknik softskill transfer knowledge, dan simulasi praktik lapangan dengan bimbingan instruktur berpengalaman. Penyampaian materi kegiatanpun dilakukan di dalam dan di luar kelas, dengan metode ceramah dan praktik secara berkelompok.

Narasumber dalam kegiatan ini berasal dari lembaga, tenaga ahli, dan praktisi yang berpengalaman dalam bidang psikososial dan penanggulangan bencana.

Melalui kegiatan ini, Dinas Sosial DIY mengharapkan agar para petugas layanan dukungan psikososial memahami konsep dasar psikososial, dampak psikososial, dan prinsip-prinsip dukungan psikososial dalam penanggulangan bencana, advokasi serta rencana intervensi psikososial. Selain itu para petugas diharapkan mampu mengaplikasikan sekaligus mentransfer pengetahuan yang telah diperoleh.(*)

 

0 0 votes
Rating Artikel
Subscribe
Notify of
guest
0 Diskusi
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar