SEMUA BENTUK PELAYANAN DI DINAS SOSIAL DIY TIDAK DIPUNGUT BIAYA-MEMBANTU MASYARAKAT ADALAH KEPUASAN KAMI

Outbond Sebagai Salah Satu Kegiatan Dalam Rangka Peringatan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) Tahun 2018

(Last Updated On: 29 November 2018)

Kesetiakawanan sosial hakekatnya adalah suatu kemauan untuk bersatu dalam solidaritas sosial, kesamaan nasib dan keinginan menjadi makhluk sosial yang saling peduli dan berbagi dalam membangun persaudaraan sejati, persaudaraan majemuk Indonesia berbudaya Pancasila. Kepentingan pribadi diletakkan dalam kerangka kesadaran atas kewajiban sebagai makhluk sosial dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Selasa pagi, 27 November 2018 bertempat di halaman Dinas Sosial DIY dilaksanakan outbond dalam rangka memperingati Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional yang jatuh pada setiap tanggal 20 Desember. Mengawali kegiatan, dilaksanakan upacara pembukaan. Dalam kesempatan tersebut, ketua panitia penyelenggara, bapak Abu Yazid menyampaikan laporan kegiatan sebagai berikut, Dinas sosial DIY menyelenggarakan lomba untuk memperingati HKSN tahun 2018. Tujuan kegiatan ini adalah menumbuhkan semangat kebersamaan nggugah rasa Sithik Edhing melalui kerjasama satu untuk semua, semua untuk satu. Jenis lomba tersebut adalah lomba Dirigen Lagu Indonesia Raya, Pembawa Acara bahasa jawa dan kegiatan Outbond.

Outbond diikuti oleh ASN di Dinas Sosial DIY. Terdiri dari seluruh ASN di setiap bidang dan 10 s.d 15 orang dari masing-masing UPTD. Kegiatan dilaksanakan dari pukul 08.00 WIB s.d 11.00 WIB. Outbond terdiri dari berbagai permainan yang akan dilalui oleh peserta yang sudah dibagi dalam beberapa tim. Panitia juga telah menyediakan beberapa hadiah sebagai wujud penghargaan atas partisipasi peserta, ungkap bapak Abu Yazid. Bertindak selaku pembina upacara adalah Sekretaris Dinas Sosial DIY, ibu Dra. Endang Iriyanti, MA beliau menyampaikan bahwa kegiatan ini adalah sebagai wujud peringatan HKSN tahun 2018. Sebagai simbol di mulainya kegiatan outbond ditandai dengan pelepasan beberapa burung merpati ke udara.

Selepas pemimpin upacara membubarkan barisan, kegiatan dipandu oleh TIM Taruna Siaga Bencana (TAGANA) DIY. Tagana sebagai instruktur outbond memandu jalannya kegiatan dengan meminta peserta untuk berdiri melingkar. Kemudian intruktur menjelaskan aturan main dari masing-masing permainan. Ada 5 permainan dalam outbond yang bertempat di halaman Dinas Sosial DIY ini. Peserta diwajibkan untuk menyelesaikan setiap permainan, instruktur dari TAGANA akan memberikan tanda terhadap masing-masing kelompok sehingga di akhir acara akan ditentukan juaranya dari masing-masing permainan.

Kelelahan peserta outbond terobati dengan makan siang bersama dengan penuh kehangatan silaturahmi. Selepas santap siang seluruh peserta kembali berkumpul dalam barisan, dan sampailah pada acara puncak yang ditunggu oleh peserta yaitu pengumuman pemenang dan pembagian hadiah. Penyerahan hadiah diberikan kepada juara masing-masing permainan, regu terheboh, regu terkompak dll. Sekitar pukul 11.30 acara ditutup dengan pembacaan doa bersama. Selanjutnya, bersiap kita menyambut kegiatan selanjutnya untuk memperingati HKSN tahun 2018.

Tetap semangat.. (Vit)

0 0 votes
Rating Artikel
Subscribe
Notify of
guest
0 Diskusi
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar