SEMUA BENTUK PELAYANAN DI DINAS SOSIAL DIY TIDAK DIPUNGUT BIAYA-MEMBANTU MASYARAKAT ADALAH KEPUASAN KAMI

KEPALA DINAS SOSIAL DIY MEMBUKA KEGIATAN PENYUSUNAN LAPORAN LOGISTIK SEMESTER II TAHUN 2021

(Last Updated On: 14 December 2021)
Dokumentasi oleh Dinas Sosial DIY

Endang Patmintarsih, SH, M.Si selaku Kepala Dinas Sosial DIY mengajak untuk tidak bosan dan tidak boleh lengah dengan prosedur kesehatan ditengah pandemi Covid-19, meski diluar sudah ramai dengan aktifitas dan rutinitas, terlebih di akhir pekan, berjubel pengunjung memenuhi berbagai destinasi wisata. Karena kita sendirilah yang tahu batas kemampuan terhadap diri kita dan membangun pola pikir kita, dalam melawan pandemi. Lebih baik berikhtiar menjaga kebersihan dan tetap waspada. Hal tersebut disampaikan dihadapan peserta penyusunan laporan logistik semester II Tahun 2021, Senin 13 Desember 2021 di Hotel Grand Kangen, Jalan Urip Sumoharjo No 137 Gondokusuman Yogyakarta.

Penyusunan laporan ini dikandung maksud untuk memperoleh informasi yang akurat tentang perencanaan kebutuhan logistik, jumlah bufferstock dan aset yang tersedia di semester II, serta kendala yang dihadapi dalam penatausahaan logistik. Peserta berasal dari petugas logistik di Dinas Sosial DIY, Kabupaten/Kota, sejumlah 30 orang yang akan mengikuti rangkaian kegiatan hingga hari Rabu 15 Desember 2021, dengan mendatangkan narasumber yang berkompeten dari Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset (BPKA) DIY dan Sekretaris Dinas Sosial DIY, untuk memaparkan tentang kebijakan anggaran APBD, penatausahaan dan pertanggungjawaban Barang Milik Negara (BMN), serta optimalisasi klaster logistik dengan pematerinya dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DIY.

Seperti halnya dalam laporan penyelenggaraannya, Sigit Alifianto, SE, MM selaku Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial (Linjamsos) Dinas Sosial DIY, bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan terakhir, karena tahun depan tidak ada dukungan dana dekonsentrai untuk penyelenggaraannya. Sehingga biaya pengamanan, biaya opname fisik, dan penyusunan laporan logistik tidak lagi diampu oleh dana dekon. Namun jauh lebih penting menurutnya, “apapun yang menjadi kebijakan nantinya, sebagai petugas logistik untuk tetap fokus pada peningkatan pengelolaan dan pelayanan, serta tidak lupa berbagi ilmunya kepada rekan lain, ” pungkasnya.

Lebih lanjut dalam arahannya, Endang menyampaikan ” menanggapi laporan penyelenggaraan pak Kabid tadi, saya meminta apa yang sudah dilakukan di Kabupaten/Kota harus tetap berjalan”.Selaku Kepala Dinas Sosial DIY, ia memahami pengelolaan barang itu tidak mudah, “seperti apapun kita, tetap harus ada cara. Optimisme, optimalisasi dan inovasi ditengah berubahnya sistem, perlu selalu kita teguhkan, meski menyikapinya dengan pola berbeda pula, tingkatkan koordinasi dan saling mengisi”, imbuhnya.

Dalam penanggulangan bencana, logistik memainkan peran penting. Logistik memberikan layanan antara kesiapsiagaan dengan penanggulangan bencana, pengadaan dan distribusi bantuan kemanusiaan dengan peralatan. Logistik juga memainkan peran penting dalam efektivitas dan tanggap dalam hampir semua progam bantuan kemanusiaan.

AC

0 0 votes
Rating Artikel
Subscribe
Notify of
guest
0 Diskusi
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar