SEMUA BENTUK PELAYANAN DI DINAS SOSIAL DIY TIDAK DIPUNGUT BIAYA-MEMBANTU MASYARAKAT ADALAH KEPUASAN KAMI

Kadinsos DIY: Peksos Harus Mampu Menjalin Jejaring dengan Catur Pilar

(Last Updated On: 11 Juni 2014)

asdgfh

Pekerja Sosial harus memiliki ketrampilan untuk  menjalin relasi dengan empat komponen penyangga utama yang terdiri dari Pemerintah, masyarakat, Perguruan tinggi dan dunia usaha. Empat komponen itulah yang kemudian disebut sebagai catur pilar.

Pernyataan tersebut dikemukakan Kepala Dinas Sosial DIY, Drs Untung Sukaryadi, MM dalam acara Sarasehan Pekerja Sosial yang berlangsung Selasa 10 Juni 2014 di Ruang Teatrikal Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Dalam acara yang dihadiri oleh Pekerja Sosial se-DIY, TKSK DIY dan akademisi dan mahasiswa Jurusan Ilmu Kesejahteraan Sosial UIN Sunan Kalijaga itu, Kadinsos DIY mengutarakan bahwa seorang pekerja sosial profesional harus memiliki tiga kemampuan dasar.

“Kemampuan dasar itu terdiri dari kemampuan dasar yang menyangkut Body of knowledge (pengetahuan peksos), Body of Value (nilai-nilai peksos) dan Body of skill (ketrampilan pelayanan peksos). Disamping itu, juga harus memiliki keterampilan yang mendukung seperti: ketrampilan menjalin relasi,ketrampilan membangun jejaring kerja  dengan pemerintah, masyarakat, perguruan tinggi dan dunia usaha dan profesi lain, serta memiliki nilai-nilai kepedulian sosial terhadap penyandang masalah sosial.”

Acara yang merupakan kerjasama Dinsos DIY,IPSPI dan Jurusan Ilmu Kesejahteraan Sosial UIN Sunan Kalijaga Ini selain menghadirkan Kadinsos DIY untuk memaparkan materi, juga menghadirkan Khadijah Abdul-Mateen (Pekerja Sosial USA) Nurul Eka Handayani (IPSPI Pusat), Latuful Khuluk (Dosen IKS UIN SUKA) dan Joko Marwanto M.Si (Dinas Sosial Jawa Tengah). (Fer)

0 0 votes
Rating Artikel
Subscribe
Notify of
guest
0 Diskusi
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar