SEMUA BENTUK PELAYANAN DI DINAS SOSIAL DIY TIDAK DIPUNGUT BIAYA-MEMBANTU MASYARAKAT ADALAH KEPUASAN KAMI

BIMTEK PENERIMA BANTUAN KUBE PENGEMBANGAN TAHUN 2022 KOTA YOGYAKARTA

(Last Updated On: 10 March 2022)

Rabu (9/3/2022), Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Yogyakarta bekerjasama dengan Dinas Sosial DIY menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengembangan bagi Kelompok Usaha Bersama (KUBE) di Kopi Lumbung Mataram Jl Purbayan Kotagede.

Pada kesempatan tersebut terdapat 5 KUBE yang mengikuti bimtek yaitu : (1) Kube Sejahtera XIII YKKT 018 Gunung Ketur; (2) Kube Sejahtera XVIII YKKT 007 Prawirodirjan; (3) Kube Purwomandiri 3 Purwokinanti; (4) Kube Sejahtera XVIII YKKT 015 Gedongkiwo; (5) Kube PKH XVI Mataram 2 Purbayan. Kelima Kube tersebut telah mengikuti sosialisasi Bantuan Modal Pengembangan yang dilaksanakan di Kopi Lumbung Mataram pada tanggal 16 dan 17 Februari 2022. Sosialisasi dilaksanakan untuk memberi pemahaman kepada KUBE tentang pengelolaan modal pengembangan sekaligus penjelasan teknis administratif pencairannya

Kelompok Usaha Bersama (KUBE) merupakan kelompok keluarga kurang mampu yang dibentuk, tumbuh, dan berkembang atas prakarsanya dalam melaksanakan Usaha Ekonomi Produktif (UEP) untuk meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan sosial keluarga. Di Kota Yogyakarta terdapat 362 KUBE yang terbentuk dan masih berkegiatan. Setiap KUBE terdapat 10 orang.

Melalui sambutannya Kepala Dinas Sosial Kota Yogyakarta Drs. Maryustion Tonang, M.M memberikan motivasi kepada para anggota KUBE Penumbuhan untuk mengoptimalkan pemanfaatan bersama. Maryustion berpesan agar para anggota KUBE harus berkomitmen, memiliki tekad dan sepakat maju bersama dalam usaha. Selain itu ia juga mengingatkan bahwa dalam kelompok dibutuhkan transparansi karena ada aset dan modal yang dikelola bersama. Lebih lanjut ia menyinggung soal perkembangan teknologi di era digital di mana segala sesuatunya hampir bisa dilakukan melalui handphone, maka KUBE harus dapat bersaing dengan memanfaatkan teknologi.

Indah Purwani, Penyuluh Sosial Masyarakat (Pensosmas) kota Yogyakarta, pada kesempatan itu menyampaikan perlunya mengenali dan memaksimalkan potensi wilayah untuk pengembangan usaha. Baik melalui pengembangan teknologi pertanian, pengembangan teknologi peternakan, pengembangan desa wisata, pengembangan badan usaha desa, maupun pengembangan UMKM. Turut hadir pada kesempatan tersebut Edi Sr yang menerangkan tentang pentingnya branding yang menarik dalam packing kemasan produk.

Kabid Penanganan Fakir Miskin Agus Setyanto, S.E, M.Si menyebutkan bahwa tahun 2022 Dinas Sosial DIY melalui Bantuan Keuangan Khusus Reguler mengalokasikan bantuan modal pengembangan bagi 10 KUBE di Kota Yogyakarta. Masing-masing KUBE akan mendapat bantuan modal untuk pengembangan usaha sejumlah Rp 23.000.000,- diterimakan satu kali. 10 KUBE yang akan mendapat bantuan pengembangan ini telah melalui proses verifikasi dan validasi oleh pendamping untuk memastikan bahwa seluruh anggota KUBE masih aktif menjalankan Usaha Ekonomi Produktif.

(Penulis : E. Ruslan)

Artikel ini telah tayang di :
https://www.atmago.com/berita-warga/bimtek-penerima-bantuan-kube-pengembangan-tahun-2022-kota-yogyakarta_9ffb3824-397c-4847-8a26-0c6ad2ce37cf

5 1 vote
Rating Artikel
Subscribe
Notify of
guest
0 Diskusi
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar