SEMUA BENTUK PELAYANAN DI DINAS SOSIAL DIY TIDAK DIPUNGUT BIAYA-MEMBANTU MASYARAKAT ADALAH KEPUASAN KAMI-HOTLINE BANSOS COVID-19-WA : 0812 2683 9099-Email: dissosdiy.bansoscovid19@jogjaprov.go.id

BIMBINGAN MOTIVASI BERUSAHA BAGI KPM PKH

(Last Updated On: 16 November 2018)

Gedangsari (16/07/2017). Harus diubah prinsip Tuna Sathak Bathi Sanak. Ini kadang menjadikan seseorang yg ingin berusaha menjadi gulung tikar alias merugi. Mereka yg berprinsip seperti ini bisa menjadikan usahanya terpaksa berhenti karena kehabisan modal usaha.

Kalimat Tuna Sathak Bathi Sanak ini begitu menggoda untuk dipahami. Betapa tidak? Seorang akan rela bangkrut demi menjaga persahabatan, persaudaraan dan seduluran. Habis modalpun tidak apa apa, asalkan punya banyak teman  dan sugih sedulur. Tidak apa apa bila harta atau modal habis, yang penting sugih teman sugih sedulur. Ini berbahaya bila diterapkan dalam usaha yang akan dilakukan oleh pelaku UMKM. Demikian satu kalimat yang dapat disarikan dari Sekretaris Dinas Sosial Kabupaten Gunungkidul Wijang Eka Aswarna.

Wijang menyampaikan hal tersebut dalam acara Bimbingan Motivasi Berusaha bagi KPM PKH yang graduasi di Balai Desa Hargomulyo Gedangsari Gunungkidul. Lebih lanjut dijelaskan Wijang bahwa semua upaya pemerintah untuk pengentasan kemiskinan menjadi sia sia apabila tanpa dukungan dari semua masyarakat. Masyarakat harus menjadi bagian yang tak terpisahkan dalam semua proses pengentasan kemiskinan.

Kabupaten Gunungkidul selama dipimpin oleh Bupati Badingah, tingkat kemiskinan di Gunungkidul adalah 23% turun menjadi 18%. Penurunan ini tergolong yang relatif kecil untuk kurun waktu itu. Oleh karena itu, pemberdayaan dengan model Usaha Ekonomi Produktif melalui Bantuan Keuangan Khusus menjadi upaya yang baik.

Diakhir penyampaian materinya. Wijang menyampaikan kalimat Tuna Sathak Menang Sanak itu harus diubah. Kalimat ini saatnya menjadi Bathi Sathak Bathi Sanak. Tidak hanya untung karena banyak teman dan saudara tetapi juga banyak untung dan banyak saudara. Semoga.

Penulis : Wibowo Budhi

0 0 vote
Rating Artikel
Subscribe
Notify of
guest
0 Diskusi
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar