banner
Hati-Hati dan Waspadalah terhadap aksi penipuan berkedok undian berhadiah    Data PMKS Daerah Istimewa Yogyakarta 2008-2012    HKSN 2012 - Kesetiakawanan Sosial untuk berbagi menuju Indonesia sejahtera -

Selasa, 02 September 2014

Bimbingan Ketrampilan Korban Tindak Kekerarasan

Ditulis oleh dalam Berita pada hari Rabu, 29 Juni 2011 pukul 10:40:16 dan ada komentar

YOGYAKARTA (Juni 2011) — Perempuan Korban Tindak Kekerasan terutama mereka yang berstatus sebagai seorang istri selalu dihadapkan pada pilihan sulit. Pilihan yang harus dihadapi biasanya seputar penyelamatan kehidupan rumah tangga yang pernah dan sedang dibina. Pilihan itu adalah untuk berpisah dengan pasangannya dengan konsekuensi keluarganya berantakan atau tetap memilih bersama dengan selelu berada dalam situasi yang tidak mengenakkan.

Itu salah satu penyataan yang disampaikan peserta Bimbingan Keterampilan Korban Tindak Kekerasan dalam sebuah diskusi pada acara tersebut. Kegiatan dengan alokasi anggaran dari Kementerian Sosial R.I. melalui mekanisme dana dekonsentrasi tersebut digelar selama 6 hari untuk 2 lokasi yaitu untuk Kecamatan Wonosari Kabupaten Gunungkidul dan Kecamatan Berbah Kabupaten Sleman. Tempat pelaksanaan kegiatan untuk Kecamatan Wonosari di Resto Kebun Joglo Jawa Wonosari dari tanggal 20 s.d. 22 Juni 2011 dan Kecamatan Berbah di Restoran dan Pemancingan Berbah Indah Berbah Sleman dari tanggal 23 s.d. 25 Juni 2011.

Menurut panitia penyelenggara kegiatan dari Seksi KTK, PM dan Jaminan Sosial Dinas Sosial Provinsi D.I.Yogyakarta, kegiatan tersebut diselenggarakan untuk memberikan pengetahuan praktis kepada Korban Tindak Kekerasan di dua wilayah kecamatan tersebut sebelum mereka mendapatkan bantuan Usaha Ekonomi Produktif. Hadir dalam kesempatan tersebut Drs. Agustinus Sunarman dari Direktorat KTK dan PM Kementerian Sosial R.i yang menyampaikan materi bimbingan Kebijakan Pemerintah dalam Pencegahan dan Penanganan Korban Tindak Kekerasan dan bantuan UEP KTK. Sedangkan untuk memotivasi peserta Camat 2 lokasi kegiatan memberikan materi bimbingan Motivasi Berusaha. Untuk memberikan pengetahuan praktis dan praktek peningkatan kemampuan berusaha panitia juga memberikan materi kewirausahaan yang disampaikan oleh Disperindagkop kabupaten Sleman dan Kabupaten Gunungkidul, Olahan Pangan sederhana oleh PKK Kecamatan Berbah dan Kecamatan Wonosari, UU Penghapusan Tindak Kekerasan oleh LSM Limora, Pemeliharaan Ternak Kambing dan Praktek Pembuatan Makanan Tambahan ternak oleh Dinas Peternakan Kabupaten Sleman dan Gunungkidul, Praktek membuat hiasan manik-manik dan payet oleh BLK Provinsi D.I. Yogyakarta dan Prosedur serta proses pengaduan tindak Kekerasan oleh LBH APIK Daerah Istimewa Yogyakarta.

Kepala Dinas Sosial Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dalam pengarahannya menyampaikan agar semua peserta mampu memandang masa depan lebih realistis dan dengan hati yang jernih dengan cara meninggalkan masa lalu yang tidak menyenagkan.

Jumlah peserta Bimbingan Ketrampilan Korban Tindak Kekerasan untuk Kecamatan Berbah sebanyak 18 orang dan untuk Kecamatan Wonosari sebanyak 17 orang. Mereka adalah Korban Tindak Kekerasan yang telah dinyatakan memenuhi persyaratan dalam proses seleksi.

Sumber : Seksi KTK, PM dan Jamsos Dinsos DIY, Isn,19-4-2006)

Ada komentar untuk Bimbingan Ketrampilan Korban Tindak Kekerarasan