SEMUA BENTUK PELAYANAN DI DINAS SOSIAL DIY TIDAK DIPUNGUT BIAYA-MEMBANTU MASYARAKAT ADALAH KEPUASAN KAMI-HOTLINE BANSOS COVID-19-WA : 0812 2683 9099-Email: dissosdiy.bansoscovid19@jogjaprov.go.id

Asuransi Kesejahteraan Sosial Sebagai Embrio Jaminan Sosial Indonesia

(Last Updated On: 4 Januari 2013)

YOGYAKARTA (Maret 2011) – Asuransi Kesejahteraan Sosial Kementerian Sosial R.I. menjamin pemenuhan kebutuhan pokok peserta Askesos ketika mendapatkan musibah. Asuransi ini bukan untuk biaya pengobatan karena penderitaan / musibah yang menimpanya. Pemahaman ini perlu diberikan kepada pengelola askesos dan calon peserta askesos.

Musibah dan sakit tidak dapat diprediksi sebelumnya. Tanpa kesiapan yang baik sakit dan musibah yang dihadapi menjadi sangat mengganggu bahkan membubarkan perencanaan / aktivitas harian yang telah disusun dengan rapi.

Satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan menyiapkan diri menjadi anggota askesos yang diselenggarakan orsos / yayasan / lembaga lain yang memiliki legalitas serta kriteria tertentu. Menjadi anggota askesos kita akan mendapatkan jaminan pemenuhan kebutuhan pokok (pengganti penghasilan) dengan nilai tertentu. Analoginya adalah, ketika seorang mengalami sakit, selain dia harus menyiapkan diri untuk membiayai pengobatan sakitnya dia juga tidak bisa lepas dari tanggung jawab untuk menghidupi anak dan istrinya. Kebutuhan ini yang selanjutnya menjadi tanggung jawab askesos untuk memenuhi, tetapi dengan besar dan aturan tertentu.

Tahap awal pelaksanaan kegiatan ini adalah menyiapkan lembaga pelaksana askesos. Lembaga ini yang akan dipercaya untuk pengelola dana amanah dari Kementerian Sosial R.I. Direktorat Perlindungan dan Jaminan Sosial. Penyiapan ini dilakukan dengan aktivitas berupa Observasi Data Mikro di lokasi calon lembaga pelaksana askesos.

Tahun 2011, Kementerian Sosial R.I., bergandeng tangan dengan Dinas Sosial Provinsi D.I.Y melaksanakan tahapan awal untuk 15 lembaga. Lembaga tersebut adalah telah mendapatkan rekomendasi dan merupakan usulan dari Dinas Sosial masing-masing Kabupaten, yaitu : Kabupaten Sleman (LKM Mekar Bokoharjo, Yayasan MUSTADHAFIKI Sumbersari, PA. Diponegoro Maguwoharjo), Kabupaten Kulonprogo (Orsos Margo Mulyo Tayuban, Orsos Mawar Kenteng, Orsos Marem Gulurejo), Kabupaten Bantul (LKS Amanah Tirtonirmolo, Orsos Melati Triwidadi, LKM KUBE Sejahtera 04 Caturharjo, Yayasan Amanah Trimulyo, Yayasan As Salam Srigading), Kabupaten Gunungkidul (Orsos Ngudi Rukun Ponjong, Orsos Manunggal Karsos Gedangrejo, LKM KUBE Sejahtera 01 Giritirto), Kota Yogyakarta (Yayasan Karya Baru Bener). (Sumber : Seksi KTK, PM dan Jamsos Dinsos DIY)

0 0 vote
Rating Artikel
Subscribe
Notify of
guest
0 Diskusi
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar