SEMUA BENTUK PELAYANAN DI DINAS SOSIAL DIY TIDAK DIPUNGUT BIAYA-MEMBANTU MASYARAKAT ADALAH KEPUASAN KAMI

ASSESMENT PENYANDANG DISABILITAS SENSORIK NETRA, SYARAT BIMTEK TEKNOLOGI INFORMASI “KOMPUTER BICARA”

(Last Updated On: 14 Maret 2021)

Rabu, 10 Maret 2021, Tim dari Balai Literasi Braille Indonesia (BLBI) Abiyoso Cimahi, Jawa Barat mengadakan kegiatan Assesment terhadap Penyandang Disabilitas Sensorik Netra (PDSN) bertempat Balai Rehabilitasi Terpadu Penyandang Disabilitas (BRTPD) Piring, Srihardono, Pundong, Bantul.  Assesment  tersebut diperlukan sebagai syarat mengikuti Bimtek Teknologi Informasi “Komputer Bicara”. 

Kegiatan diikuti 25 orang PDSN yang terdiri dari 7 orang PPKS BRTPD, 11 orang alumni BRTPD, 6 orang dari Yaketunis dan 1 orang dari MTs LBA Yaketunis. Persyaratan yang harus dipenuhi peserta adalah :

  • Usia antara 15 s.d 40 tahun,
  • Memiliki identitas lengkap (KTP atau KK),
  • Menguasai baca tulis huruf braille,
  • Sehat jasmani dan rohani, dan
  • bersedia mengikuti aturan yang berlaku.

Dari 25 orang peserta akan diambil 20 orang yang memenuhi syarat untuk mengikuti Bimtek. Rencananya, Bimtek akan diselenggarakan di BRTPD pada bulan April 2021.

Melalui Bimtek Teknologi Informasi “Komputer Bicara”, para PDSN akan dilatih untuk meningkatkan kemampuannya dalam menggunakan teknologi yang aksesibel, sehingga hambatan terkait dengan indera pengelihatan dapat diatasi dengan mudah. Setelah mendapatkan Bimtek diharapkan para peserta memiliki kemampuan untuk melakukan banyak hal secara mandiri yang belum dapat dilakukan sebelumnya.

Kegiatan peningkatan kapasitas semacam ini merupakan salah satu upaya rehabilitasi sosial bagi PSDN untuk mendapatkan keberfungsian sosialnya. Selain itu, dibutuhkan dukungan dari berbagai pihak, baik keluarga, pemerintah, serta masyarakat untuk mewujudkan kehidupan sosial yang inklusif, dimana para PDSN juga diberikan kesempatan seluas-luasnya untuk berkarya dan berkontribusi bagi sekitarnya.(*)

0 0 votes
Rating Artikel
Subscribe
Notify of
guest
0 Diskusi
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar