SEMUA BENTUK PELAYANAN DI DINAS SOSIAL DIY TIDAK DIPUNGUT BIAYA-MEMBANTU MASYARAKAT ADALAH KEPUASAN KAMI

Antisipasi Peningkatan Aktivitas Merapi, Dinas Sosial DIY Aktifkan Posko Aju Perlinsos

(Last Updated On: 16 November 2020)
Apel pelepasan petugas perlindungan sosial dari unsur Tagana Spesial Group (TSG), Pramuka Siaga Bencana (PRAGANA) dan armada angkut personil, dari Posko Induk Tagana DIY

Dinas Sosial DIY melalui Seksi PKBA-BS Bidang Linjamsos mengambil langkah kesiapsiagaan dengan mengoptimalkan potensi sumber daya petugas perlindungan sosial dan peralatan pendukung untuk menjalankan penugasan dalam rangka respon peningkatan aktifitas Gunung Merapi, dengan :

  1. Melaksanakan koordinasi dengan FK Tagana DIY bersama FK Tagana Kabupaten/Kota sebagaimana hasilnya tertuang dalam tembusan surat dari Ketua FK Tagana DIY Nomor 12/FK TAGANA DIY/XI/2020 tertanggal 8 November 2020 Perihal BKO Tanggap Darurat Merapi.
  2. Membentuk Sistem Komando Penanganan Darurat Bencana Dinas Sosial DIY.
  3. Mendirikan Posko Aju Perlinsos Dinas Sosial DIY di Balai Rehabilitasi Sosial dan Pengasuhan Anak (BPRSPA) Bimomartani, Ngemplak Sleman.
  4. Menyiapkan armada di Posko Aju Perlinsos Dinsos DIY, untuk mendukung respon peningkatan aktifitas Gunung Merapi.
  5. Menugaskan personil Tagana Spesial Group (TSG) dan Pramuka Siaga Bencana (PRAGANA) di Posko Aju Perlinsos Dinsos DIY.

Pengaktifan Posko Aju Perlinsos Dinas Sosial DIY ini berfungsi sebagai dukungan atas didirikannya Posko Aju FK Tagana Kab Sleman, di Balai Kalurahan Umbulharjo, Cangkringan Sleman, yang diaktifkan oleh Dinas Sosial Sleman, dengan menugaskan Sriyono Hadi Susilo yang merupakan Ketua FK Tagana Kabupaten Sleman, sebagai Komandan Lapangan Penanganan Darurat Bencana Gunung Merapi Bidang Perlindungan Sosial.

Pengaktifan Posko Aju Perlinsos Dinsos DIY di BRSPA Bimomartani, Ngemplak, Sleman menitikberatkan ketugasan pada dukungan pengumpulan informasi tentang aspek sosial warga yang diungsikan di Barak Pengungsian Glagaharjo, Cangkringan, Sleman, sekaligus kesiapsiagaan terhadap warga binaan BPSTW Abiyoso Pakem Sleman dan BRSPA Bimomartani Ngemplak Sleman, untuk dievakuasi ke BPSTW Kasongan, dan Budi Bhakti Gunungkidul bila sewaktu-waktu terjadi peningkatan aktifitas Merapi.

Sabtu 14 November 2020 Pukul 10.30 WIB, Kepala Bidang Perlindungan Dan Jaminan Sosial Dinas Sosial Daerah Istimewa Yogyakarta, Sigit Alifianto, SE, MM memimpin apel pelepasan petugas perlindungan sosial dari unsur Tagana Spesial Group (TSG), Pramuka Siaga Bencana (PRAGANA) dan armada angkut personil, dari Posko Induk Tagana DIY di Baciro Gondokusuman Yogyakarta menuju Posko Aju Perlinsos Dinas Sosial DIY di BRSPA Bimomartani, Ngemplak, Sleman. Dalam arahannya, beliau menekankan kepada personel yang di BKO-kan, agar belajar dari pengalaman erupsi Merapi 2010, dengan memperhatikan prinsip kehati-hatian, dan senantiasa berkoordinasi dengan pimpinan di masing-masing tingkatan.

Prosesi pelepasan personel menuju tempat ketugasan dilakukan secara adat di Tagana Spesial Group, dengan pemimpin doa Kepala Seksi PKBA-BS Dinas Sosial DIY (Bapak Subakir, S.Sos), dengan sebelumnya di adakan briefing oleh Kepala Posko Tagana DIY (Sdr. Winarto). Hadir pula dalam kesempatan tersebut, jajaran Seksi PKBA-BS, jajaran pengurus FK Tagana DIY dan Ketua Pragana DIY. Adapun dukungan armada angkut personil berasal dari Dinas Sosial PPPA Kabupaten Bantul, dan Kabupaten Kulon Progo, serta Dinas Sosial Kabupaten Gunungkidul.

5 1 vote
Rating Artikel
Subscribe
Notify of
guest
0 Diskusi
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar