....SEMUA BENTUK PELAYANAN DI DINAS SOSIAL DIY TIDAK DIPUNGUT BIAYA......MEMBANTU MASYARAKAT ADALAH KEPUASAN KAMI......

,

Selamat Menunaikan Ibadah Puasa Ramadhan 1440 H....Selamat Menunaikan Ibadah Puasa Ramadhan 1440 H....Selamat Menunaikan Ibadah Puasa Ramadhan 1440 H

KEGIATAN DENDANG RIA BALAI PSTW

(Last Updated On: 1 February 2019)

Balai PSTW mengadakan kegiatan rekreatif berupa menyanyi dan berjoget diiringi keyboard setiap minggu sekali. Lansia diajak untuk bergembira, mengajak mereka bernyanyi dan menari bersama. Hiburan ini diadakan secara rutin, tetapi terkadang ada juga yang didatangkan dari luar oleh pengunjung atau tamu dari masyarakat yang beranjangsana. Lansia diajak untuk menyanyi lagu-lagu kesukaan mereka mulai dari nostalgia, keroncong, langgam, campursari, dangdut, ataupun jenis musik lainnya sesuka mereka.

Kegiatan rekreatif seperti bernyanyi dan berjoget ini memiliki manfaat, pertama, sebagai kegiatan hiburan, secara psikologis kegiatan ini akan membuat suasana hati lansia menjadi rileks, terhibur atau terceriakan. Singh dah Kiran (2014) menyebut bahwa aktifitas rekreatif sebagaimana bernyanyi dan berjoget akan membuat lansia memiliki peningkatan kualitas hidup yang baik (enhancing their quality of life). Menambah semangat, mood dan katarsis terhadap segala persoalan yang ada ketika itu.

Kedua, aktifitas ini akan menstimulus peningkatan kesehatan fisiknya. itu karena lansia akan menggerakkan badan layaknya senam, mengeluarkan keringat, meningkatkan peredaran darah.

Seringkali terjadi lansia merasa lemah, letih, lesu dan tidak punya semangat hidup, merasa bahwa hidupnya paling menderita dikarenakan kesehatannya melemah dan terlihat dalam kondisi tertatih, pucat, lemah. Akan tetapi begitu mendengarkan musik yang menghentak dan asyik akan membuat mereka bergembira, ceria dan tanpa sadar ikut berjoget seakan-akan hilang semua penderitaanya. Itu biasa. Meskipun setelah berjoget nafasnya menjadi ngos-ngosan dan seperti kecapekan, akan tetapi perasaan batinnya atau suasana hatinya puas bahagia.

Hal tersebut di atas positif, asalkan masih dalam pengawasan petugas sehingga tidak over atau membahayakan diri sendiri. Itulah makanya perlu kegiatan hiburan seperti bernyanyi dan berjoget bagi lansia di BPSTW, yang juga bisa diaplikasikan bagi lansia di manapun berada.

Video di bawah ini adalah contoh salah satu suasana ketika lansia Balai PSTW berjoget dengan iringan nyanyian yang dibawakan oleh tamu dari masyarakat. (Fer)


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Solve : *
23 × 9 =


Marquee Powered By Know How Media.