SEMUA BENTUK PELAYANAN DI DINAS SOSIAL DIY TIDAK DIPUNGUT BIAYA-MEMBANTU MASYARAKAT ADALAH KEPUASAN KAMI

LAPORAN REKAP PENGADUAN TAHUN 2023

NoMedia PengaduanJumlah
1Email41
2E-Lapor Pemda DIY29
3Lapor SP4N1
4Datang Langsung10
 JUMLAH81

Pada kurun waktu Bulan Januari 2023 hingga Desember tahun 2023 ini sebanyak 81 (Delapan Puluh Satu) pengaduan masyarakat telah masuk melalui Email dan E-Lapor DIY. Semua pengaduan tersebut telah selesai ditindaklanjuti. Adapun ruang lingkup pengaduan masyarakat selama 2023 yang  diadukan oleh masyarakat didominasi oleh pengaduan seputar bantuan sosial sebanyak 71 aduan. Aduan bantuan sosial tersebut diantaranya belum menerima bantuan, cara mengakses bantuan, bantuan tidak cair dan sejenisnya. 10 pengaduan lainnya diantaranya tentang Kartu Indonesia Pintar (KIP), adopsi, penanganan orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) dan lainnya.

Melihat dari kategori pengaduan yang sebagian besar masyarakat mengadu terkait dengan bantuan sosial atau jaminan sosial, Dinas Sosial DIY telah merespon atau menindak lanjuti pengaduan-pengaduan tersebut sesuai tugas, fungsi dan kewenangan. Selain itu untuk mempermudah masyarakat mengetahui informasi mengenai bantuan sosial dan hal lain yang sering ditanyakan oleh masyarakat, Dinas Sosial DIY telah merangkum pertanyaan yang sering diadukan oleh masyarakat melalui menu FAQ (Frequently Asked Question) pada website Dinas Sosial DIY.