No | Media Pengaduan | Jumlah |
1 | 41 | |
2 | E-Lapor Pemda DIY | 29 |
3 | Lapor SP4N | 1 |
4 | Datang Langsung | 10 |
JUMLAH | 81 | |
Pada kurun waktu Bulan Januari 2023 hingga Desember tahun 2023 ini sebanyak 81 (Delapan Puluh Satu) pengaduan masyarakat telah masuk melalui Email dan E-Lapor DIY. Semua pengaduan tersebut telah selesai ditindaklanjuti. Adapun ruang lingkup pengaduan masyarakat selama 2023 yang diadukan oleh masyarakat didominasi oleh pengaduan seputar bantuan sosial sebanyak 71 aduan. Aduan bantuan sosial tersebut diantaranya belum menerima bantuan, cara mengakses bantuan, bantuan tidak cair dan sejenisnya. 10 pengaduan lainnya diantaranya tentang Kartu Indonesia Pintar (KIP), adopsi, penanganan orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) dan lainnya.
Melihat dari kategori pengaduan yang sebagian besar masyarakat mengadu terkait dengan bantuan sosial atau jaminan sosial, Dinas Sosial DIY telah merespon atau menindak lanjuti pengaduan-pengaduan tersebut sesuai tugas, fungsi dan kewenangan. Selain itu untuk mempermudah masyarakat mengetahui informasi mengenai bantuan sosial dan hal lain yang sering ditanyakan oleh masyarakat, Dinas Sosial DIY telah merangkum pertanyaan yang sering diadukan oleh masyarakat melalui menu FAQ (Frequently Asked Question) pada website Dinas Sosial DIY.