SEMUA BENTUK PELAYANAN DI DINAS SOSIAL DIY TIDAK DIPUNGUT BIAYA-MEMBANTU MASYARAKAT ADALAH KEPUASAN KAMI

KUNJUNGAN KEMENKUMHAM (POKJA P5HAM), PUSAT REHABILITASI YAKKUM DAN PERHIMPUNAN JIWA SEHAT DI BINA LARAS BALAI RSBKL

(Last Updated On: 27 August 2022)

SLEMAN – Jumat, 27 Agustus 2022 Balai Rehabilitasi Sosial Bina Karya dan Laras (BRSBKL) Unit Bina Laras menerima kunjungan dari Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Pokja P5HAM). Mewakili Kemenkumham, Farida Wahid berkunjung dengan didampingi oleh perwakilan dari Pusat Rehabilitasi YAKKUM dan Perhimpunan Sehat Jiwa. Kunjungan ini diterima oleh Suryatmiyati selaku Kepala Seksi Perlindungan dan Rehabilitasi Sosial Bina Laras dan Sutoyo selaku Koordinator Pekerja Sosial Bina Laras serta staff.

Kunjungan ke Balai Bina Laras merupakan salah satu agenda Pokja P5HAM (Penghormatan, Perlindungan, Pemenuhan, Penegakan dan Pemajuan Hak Asasi Manusia) yaitu melakukan kunjungan ke beberapa balai rehabilitasi sosial di Indonesia. Dalam keterangannya, Ibu Farida menerangkan salah satu tujuan dari kunjungan ini untuk menambah wawasan dan pengetahuan mengenai program rehabilitasi di Balai Bina Laras. Selain itu juga ingin mengetahui apa saja kendala yang dihadapi oleh balai dan bagaimana cara mengatasinya.

Ibu Suryatmiyati menjelaskan profil Balai Bina Laras. Dalam penjelasannya, Ibu Suryatmiyati menjelaskan apa saja kegiatan yang ada di dalam balai mulai dari penyediaan sandang, pangan, papan, perbekalan kesehatan, aktivitas-aktivitas yang ada serta pelayanan seperti pembuatan identitas, kesehatan dasar dan pemulangan Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS) di dalam balai. Penyampaian informasi ditambahkan oleh Bapak Sutoyo mengenai program-program rehabilitasi yang dilakukan mulai dengan terapy community dan on the job training.

Setelah penjelasan informasi mengenai balai, Bu Farida diajak untuk berkeliling balai. Selain berkeliling untuk melihat sarpras balai, Bu Farida juga berkomunikasi dengan beberapa PPKS Balai Bina Laras. Dalam obrolannya, Bu Farida memberikan semangat dan motivasi kepada PPKS. Dalam kunjungan ini diharapkan mampu memberikan informasi dan wawasan untuk balai lain agar dapat mencontoh pelayanan yang ada di Balai Bina Laras serta kendala yang dihadapi dan solusi yang akan dilakukan oleh Balai Bina Laras dapat dikomunikasikan kepada lembaga terkait yang ada di Pusat. (Senda Firanda)