....SEMUA BENTUK PELAYANAN DI DINAS SOSIAL DIY TIDAK DIPUNGUT BIAYA......MEMBANTU MASYARAKAT ADALAH KEPUASAN KAMI......

,

GERBANGPRAJA ....Gerakan Bangga Penggunaan Aksara Jawa....Nggugah Rasa Sithik Edhing Lumantar Aksara

BPNT KURANGI KEMISKINAN DAN DORONG PEREKONOMIAN

(Last Updated On: 14 Mei 2019)


Tulisan ini adalah rangkuman penyuluhan sosial melalui media radio Seksi Penyuluhan Sosial, Bidang Penanganan Fakir Miskin Dinas Sosial DIY di Star Jogja FM, hari Jum’at tanggal 10 Mei 2019, yang dituangkan di Harian Jogja, Hari Sabtu Legi tanggal, 11 Mei 2019, halaman 20. Ditulis kembali oleh Budhi Wibowo, Kepala Seksi Penyuluhan Sosial Dinas Sosial DIY untuk website Dinas Sosial DIY. Berikut tulisan selengkapnya :

Bantuan Pangan non Tunai (BPNT) jadi langkah pemerintah untuk mengurangi kemiskinan. Program ini juga untuk memicu bergulirnya roda perekonomian hingga tingkat bawah. Kabid Penanganan Kemiskinan Dinas Sosial Daerah Istimewa Yogjakarta, Agus Setyanto, SE, MM mengatakan Bantuan Pangan non Tunai (BPNT) ini hanya dibatasi berupa beras dan telur. Kepada penerima manfaat pemerintah akan memberikan bantuan senilai Rp.110.000,- per bulannya. Pada prinsipnya BPNT tidak boleh dicairkan dalam bentuk uang tunai nantinya uang tersebut akan ditransfer ke rekening masing-masing tiap bulannya, dan bisa ditukarkan dengan beras atau telur di e-warong atau warung yang menjadi mitra Himbara yang tersebar di wilayah penerima manfaat.

Ia menyebut di Daerah Istimewa Yogyakarta pada tahun 2019 ada 289.741 keluarga penerima manfaat. Jumlah ini menunjukkan adanya penurunan penerima bantuan sebanyak 27.222 kepala keluarga. Penurunan jumlah penerima ini terbanyak di Bantul sejumlah 22.127 keluarga penerima manfaat. Agus mengatakan penurunan ini merupakan hasil dari verifikasi yang dilakukan lewat musyawarah desa atau musdes dan musyawarah kelurahan atau muskel. Lewat elemen di lapangan ini pemerintah mengupdate data serta mengedukasi masyarakat agar sama-sama berjuang mengentaskan kemiskinan karena menurutnya tugas mengentaskan kemiskinan tersebut merupakan tanggung jawab lintas sektor.

Sementara itu Endang Sulistyowati pimpinan bidang pemasaran bisnis BNI KC Yogyakarta selaku mitra penyalur BPNT menyebutkan dalam penyaluran kartu bantuan pihaknya menggandeng para pendamping dan para agen. Keberadaan mereka membantu kesulitan yang mungkin ditemui penerima bantuan di lapangan.

Simak tautan sebagai berikut

https://www.starjogja.com/2019/05/10/bpnt-kurangi-kemiskinan-dan-dorong-perekonomian/

https://twitter.com/starjogja/status/1126784974756016128

Tuliskan Pesan, Pertanyaan, ataupun Pengaduan di kotak/form yang tersedia di bawah ini. Administrator kami akan membalas sesegera mungkin. Terima kasih.

avatar
1000
  Subscribe  
Notify of
Marquee Powered By Know How Media.