SEMUA BENTUK PELAYANAN DI DINAS SOSIAL DIY TIDAK DIPUNGUT BIAYA-MEMBANTU MASYARAKAT ADALAH KEPUASAN KAMI

RSIY PDHI KALASAN MELAKUKAN “JEMPUT BOLA”  PELAYANAN KESEHATAN DI BALAI REHABILITASI SOSIAL BINA KARYA DAN LARAS UNIT BINA LARAS

(Last Updated On: 6 September 2022)

SLEMAN – Menindaklanjuti hasil koordinasi antara Balai RSBKL dengan RSIY PDHI Kalasan nomor 462/2122 tanggal 16 Agustus 2022, mengenai Layanan Kesehatan di Balai RSBKL Unit Bina Laras oleh RSIY PDHI, maka RSIY PDHI bersedia menyediakan pelayanan berupa:

  1. Pelayanan medis rawat jalan dan rawat inap (klinis) jika diperlukan
  2. Layanan penunjang medis
  3. Penjemputan oleh TRC (Tim Reaksi Cepat) jika ada kasus kegawatdaruratan medis
  4. Rujukan ke fasilitas kesehatan lain apabila diperlukan
  5. Pelayanan kesehatan lain yang diperlukan oleh WBS pihak pertama
  6. Penyuluhan atau seminar kesehatan apabila diperlukan

Oleh karena itu pada tanggal 26 Agustus 2022, bertempat di Bina Laras Purwomartani, telah dilaksanakan kegiatan pemeriksaan kesehatan kepada  Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS) Disabilitas Mental Bina Laras oleh RSIY PDHI, untuk yang pertama kali.

Pada kesempatan pertama ini, telah dilaksanakan pemeriksaan kesehatan sejumlah 21 PPKS Disabilitas Mental Bina Laras, dengan menggunakan jaminan kesehatan JKN, setelah sebelumnya mendapatkan surat rujukan dari Puskesmas Kalasan. Pihak RSIY PDHI mengirimkan 2 Perawat dan 1 Psikiater (Dokter Spesialis Jiwa). Kegiatan berjalan lancar dengan dukungan dari Seksi Perlindungan dan Rehabilitasi Sosial, Perawat dan Pramu Sosial dalam mendampingi PPKS selama dilakukan pemeriksaan.

Diharapkan kegiatan ini dapat berjalan lancar, berkelanjutan dan menjadi awal yang baik bagi Balai RSBKL Unit Bina Laras, dalam memenuhi kebutuhan pelayanan kesehatan kepada PPKS melalui mekanisme kolaborasi lintas sektor, dalam hal ini RSIY PDHI Kalasan. (Agus Hardi Nata)