SEMUA BENTUK PELAYANAN DI DINAS SOSIAL DIY TIDAK DIPUNGUT BIAYA-MEMBANTU MASYARAKAT ADALAH KEPUASAN KAMI

PROGRAM BEDAH KAMAR SIMBAH DAN BUKAN BEDAH RUMAH

(Last Updated On: 20 October 2022)

RADAR JOGJA – Tahun Anggaran (TA) 2022 Dinas Sosial DIY memberikan bantuan tempat tidur layak sejumlah lanjut usia (lansia). Bantuan itu diberikan sebagai perhatian dari Pemda DIY agar kelompok lansia terlantar di DIY bisa hidup lebih layak.

Kepala Dinas Sosial DIY Endang Patmintarsih menjelaskan dalam memberikan bantuan itu senantiasa melibatkan peran masyarakat. Bentuknya, bila ada laporan tentang lansia yang telantar dan belum punya tempat tidur layak bakal ditindaklanjuti.
“Kami salurkan bantuan kebutuhan tidur,” ujar Endang di sela menyalurkan bantuan kepada dua orang lansia di Kalurahan Banguntapan, Bantul, kemarin (18/10). Adapun bantuan yang diberikan meliputi kasur, karpet, lemari, hingga bantal dan guling.

Bantuan diterima Karsipi, 61 warga Dusun Jomblangan RT 12 Banguntapan dan Mujiyono,75 yang tinggal di Dusun Modalan RT 05 Banguntapan. Adapun nilai bantuan yang diberikan masing-masing sebesar Rp 2 juta.
“Jadi program kami bukan bedah rumah tetapi bedah kamar. Simbah (lansia) harus tidur dengan nyaman,” tutur Endang.
“Hari ini kami memberi bantuan kasur, karpet bantal, dan lemari agar kamar simbah rapi bersih, dan sehat,” lanjutnya.

Kepala dinas sosial menambahkan, tahun ini ada sebanyak 50 orang lansia yang menjadi penerima bantuan bedah kamar. Mereka tersebar di kabupaten dan kota se-DIY.

Penyaluran bantuan kebutuhan tidur dilakukan secara bertahap.
Bantuan ikhususkan bagi lansia terlantar. Syaratnya yang sudah memiliki rumah. Namun belum mempunyai tempat tidur yang layak. Kriterianya seperti lansia hanya tidur beralaskan tikar atau yang masih beralaskan tanah. “Mudah-mudahan bantuan yang kami berikan bisa bermanfaat,” katanya.

Selaku penerima bantuan Karsipi mengucapkan terima kasih. Bantuan itu sangat bermanfaat baginya. Selama ini dia tidur beralaskan tikar dengan lantai tanah. “Saya sangat berterima kasih dengan bantuan ini. Matur nuwun sanget,” ucap Karsipi. (inu/kus)

Artikel ini telah tayang di https://radarjogja.jawapos.com/ dengan judul Program Bedah Kamar Simbah dan Bukan Bedah Rumah, https://radarjogja.jawapos.com/bantul/2022/10/19/program-bedah-kamar-simbah-dan-bukan-bedah-rumah/

Penulis: IWAN NURWANTO