SEMUA BENTUK PELAYANAN DI DINAS SOSIAL DIY TIDAK DIPUNGUT BIAYA-MEMBANTU MASYARAKAT ADALAH KEPUASAN KAMI

PENERIMAAN KUNJUNGAN PRODI MAGISTER PSIKOLOGI FAKULTAS PSIKOLOGI UGM DI BALAI RSPA

(Last Updated On: 2 November 2022)

Sebagai bentuk dukungan akan pengembangan dunia pendidikan, khususnya perguruan tinggi, Balai Rehabilitasi Sosial dan Pengasuhan Anak menerima kunjungan dari mahasiswa Program Stusi Magister Psikologi, Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada pada hari Jumat 28 Oktober 2022. Setidaknya 17 mahasiswa dengan didampingi oleh dua orang Dosen pengampu mata kuliah “Prevensi dan Intervensi: Perkembangan Beresiko” diterima di Balai RSPA yang berlokasi di Banjarharjo, Bimomartani, Ngemplak Sleman. Para mahasiswa beserta dosen pengampu, yaitu Dr. Arum Febriani, MA dan Edilburga Wulan Saptandari, S.Psi, M Psi, Ph.D diterima oleh Kepala Balai RSPA, Suparmin MPSSP beserta jajarannya.

Dalam kunjungan tersebut, mahasiswa mendapatkan berbagai informasi melalui paparan materi, observasi dan wawancara. Kepala Balai RSPA memaparkan materi mengenai penanganan anak asuh di Balai RSPA, mulai dari proses penerimaan, rehabilitasi sampai dengan proses reunifikasi atau dikembalikannya anak asuh ke dalam asuhan keluarga. Beberapa kasus diangkat dalam sesi pemaparan materi sehingga para mahasiswa dapat mengetahui beberapa background kasus yang dialami anak asuh sampai anak harus dititipkan dan mendapatkan rehabilitasi di Balai RSPA.

Untuk memperdalam pengetahuan mengenai proses rehabilitasi anak, selesai pemaparan materi, para mahasiswa diperbolehkan untuk berdiskusi dan mengajukan pertanyaan yang kemudian langsung dijawab oleh Kepala Balai RSPA.

Usai sesi pemaparan dan diskusi, mahasiswa dengan didampingi oleh jajaran Balai RSPA melakukan observasi di area Balai RSPA. Mahasiswa berkeliling sambil sesekali mengajukan pertanyaan kepada petugas. Baik rombongan dari Universitas Gadjah Mada maupun jajaran Balai RSPA sangat antusias dalam acara ini. “Dalam Kunjungan dari Universitas (akademisi) semacam ini tentunya kitab isa saling belajar. Para akademisi dapat berbagi ilmu yang dipunya, sementara kami tentunya akan dengan senang hati berbagi pengalaman yang kami punya”.

Harapannya dengan adanya kunjungan seperti ini, akan berlanjut menjadi kerjasama yang baik dalam penanganan rehabilitasi anak. (Dhanas)

Dinas Sosial DIY Melayani Mrantasi!
Balai RSPA, Melayani Sepenuh Hati!