SEMUA BENTUK PELAYANAN DI DINAS SOSIAL DIY TIDAK DIPUNGUT BIAYA-MEMBANTU MASYARAKAT ADALAH KEPUASAN KAMI

PELATIHAN  VIDEOGRAFI UNTUK TINGKATKAN PUBLIKASI

(Last Updated On: 4 November 2022)

(Kamis,03/11/2022) Bertempat di Aula Balai Rehabilitasi Sosial dan Pengasuhan Anak DIY unit Bimomartani, Ngemplak, Sleman, diadakan pelatihan Peningkatan Kemampuan Pembuatan Videografi.  Pelatihan yang diharapkan mampu meningkatkan dokumentasi video kegiatan Balai RSPA.  Kegiatan diikuti oleh 75 orang, baik yang berstatus Aparatur Sipil Negara (ASN)  dan Tenaga Bantu (Naban)  di lingkungan Balai RSPA.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan ASN dan Naban dalam hal membuat videografi untuk kepentingan Dokumentasi maupun Publikasi kegiatan yang dilaksanakan BRSPA sehingga dengan semakin banyaknya Publikasi maka pelayanan BRSPA akan lebih banyak dikenal oleh masyarakat luas.

Hadir sebagai Narasumber adalah ASN Dinas Sosial DIY yang tergabung dalam tim kreatif Dinas Sosial DIY , yaitu Widha Dessy Ardhiana. Dessy memberikan materi videografi mulai dari dasar-dasar teori videografi, perencanaan, pengenalan perangkat dan fungsinya, pengenalan software edit video, sampai dengan bimbingan praktek pembuatan video untuk konten sosial media dan layak untuk dikonsumsi publik, diantaranya dengan memperhatikan etika pekerjaan sosial agar tidak terjadi persoalan yang menghambat tujuan utama lembaga untuk memberikan pertolongan sosial. 

Dessy banyak memberikan tips-tips sederhana tetapi penting. Diantaranya adalah bagaimana mempersiapkan kamera yang  full charge, bagaimana tombol record sudah dipastikan ditekan, bagaimana memastikan mic berfungsi maksimal dan dalam posisi on, tersedianya memori penyimpanan hasil shooting yang cukup, bagaimana membuat short list dan inform consert, serta bagaimana membidik objek atau orang yang akan diambil gambarnya  agar pengambilan objek peristiwa dapat terabadikan dengan baik. Dan juga memastikan suara orang yang direkam bisa masuk dalam rekaman sehingga tidak kehilangan momen.

Respon peserta dalam kegiatan ini cukup bagus, terbukti dalam waktu yang singkat peserta sudah mampu melakukan praktek pengambilan video pendek dengan menggunakan kamera HP sederhana.

Kepala BRSPA, Suparmin, MPSSp dalam sambutannya memberikan apresiasi positif terhadap presentasi hasil praktek pembuatan video oleh peserta pelatihan. Dengan peningkatan kemampuan pegawai BRSPA, diharapkan nantinya akan banyak konten-konten positif kegiatan pelayanan anak asuh di BRSPA yang bisa diketahui oleh masyarakat.

“Selain bermanfaat bagi BRSPA, pelatihan vedeografi ini juga bisa menggunakan keterampilan yang sudah didapat ini untuk kepentingan pengembangan diri ASN dan Naban,” papar Suparmin.  ASN dan Naban bisa mengembangkan kemampuannya dalam bidang videografinya untuk kepentingan peningkatan pelayanan, promosi BRSPA, promosi bisnis,  dan lain-lainnya. “Bahkan Bisa juga  berkarya sebagai content creator, menjadi youtuber, menjadi selebgram sehingga memiliki banyak nilai manfaat bagi diri dan masyarakat.

Pada sesi terakhir, ditutup dengan praktik bagaimana cara memasang kamera pada tripod, mengambil obje gambar dan melakukan perekaman.

Berita: DwiPurwanti (Pramu Sosial) Supervisi: Feriawan

Suparmin MPSSp, Kepala BRSPA DIY, memberikan sambutan
Peserta pelatihan Videografi BRSPA
Peserta pelatihan Videografi BRSPA
Suasana peserta pelatihan ketika praktek pengambilan objek video dan melakukan editing menggunakan aplikasi Capcut
Suasana peserta pelatihan ketika praktek pengambilan objek video dan melakukan editing menggunakan aplikasi Capcut