SEMUA BENTUK PELAYANAN DI DINAS SOSIAL DIY TIDAK DIPUNGUT BIAYA-MEMBANTU MASYARAKAT ADALAH KEPUASAN KAMI

PELATIHAN KESEHATAN JIWA & FOCUS GROUP DISCUSSION (FGD) OPTIMALISASI PERAN TIAP BIDANG BAGI STAF BALAI REHABILITASI SOSIAL BINA KARYA DAN LARAS

(Last Updated On: 7 July 2022)

Sleman – Balai Rehabilitasi Sosial Bina Karya dan Laras (BRSBKL) Unit Bina Laras sebagai salah satu UPTD Dinas Sosial Daerah Istimewa Yogyakarta yang melakukan pelayanan langsung terus meningkatkan kualitas pelayanan dalam Balai. Dalam rangka mewujudkan perubahan itu, Balai RSBKL Uni Bina Laras Bersama Pusat Rehabilitasi YAKKUM (PRY) melaksanakan program Open The Gate yang mulai dilaksanakan pada Bulan Desember 2021 yang bertujuan untuk mengubah pengelolaan Balai/panti sosial disabilitas mental yang menjadi lebih terbuka seperti Balai/Panti ragam disabilitas lainnya. Salah satu aktivitas yang diperlukan guna mendukung perubahan tersebut adalah Peningkatan kapasitas staf Bina Laras mengenai kesehatan jiwa dan optimalisasi peran dan tupoksi di masing-masing bidang.

Untuk itu, kami Balai RSBKL Uni Bina Laras Bersama Pusat Rehabilitasi YAKKUM (PRY) melakukan pelatihan kesehatan jiwa dan FGD peran bidang/divisi dalam pengelolaan rehabilitasi sosial sesuai jobdesk masing-masing. Pelaksanaan FGD dipandu langsung oleh Mas Eko Jolang Harsono dari Pusat Rehabilitasi YAKKUM dan Materi Pelatihan Kesehatan Jiwa Bagi Staf Balai Bina Laras disampaikan oleh Narasumber Dr. Tika Prasetyawati, Sp.Kj seorang Dokter Ahli Jiwa dari RSA UGM yang juga menjadi Psikiater pendamping PPKS yang ada di Balai Bina Laras serta Mbak Tri Haryani dari YAKKUM.

FGD Peran Antar Bidang/Divisi Dalam Penanganan Rehabilitasi Sosial dan Pelatihan Kesehatan Jiwa Bagi Staff Balai Rehabilitasi Sosial diikuti dari unsur internal yaitu Seksi PRS, Peksos, Perawat, Pramu Bakti, Satpam, dan Cleaning Service.

Kepala Balai Rehablitasi Sosial Bina Karya dan Laras Hinukoro Aji, S.H dalam sambutannya mengatakan mendukung acara yang terselenggara demi kemajuan dan peningkatan pelayanan di Bina Laras. Diharapkan dalam kegiatan ini akan menambah ilmu dan wawasan bagi staff Bina Laras untuk selanjutnya dalat diimplementasikan untuk meningkatkan pelayanan di Bina Laras. (Senda Firanda)