SEMUA BENTUK PELAYANAN DI DINAS SOSIAL DIY TIDAK DIPUNGUT BIAYA-MEMBANTU MASYARAKAT ADALAH KEPUASAN KAMI

INOVASI KEGIATAN ON THE JOB TRAINING LUAR LEMBAGA DALAM REHABILITASI SOSIAL SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEMANDIRIAN PPKS DI BALAI RSBKL UNIT BINA LARAS

(Last Updated On: 20 October 2022)

Rabu, 12 Oktober 2022 Balai Rehabilitasi Sosial Bina Karya dan Laras (RSBKL) unit Bina Laras mengadakan sosialisasi inovasi kegiatan On the Job Training (OJT) Luar Lembaga dalam Rehabilitasi Sosial di ruang PIE Balai Bina Laras Purwomartani, Kalasan, Sleman. OJT LUAR LEMBAGAmerupakan jenis program rehabilitasi sosial yang diberikan  kepada klien ODDP yang dinilai sudah stabil kejiwaannya, potensial dan mempunyai kemampuan  ketrampilan untuk praktik belajar kerja di dunia usaha yang ada di masyarakat.  Klien OJT Luar Balai masih mendapatkan hak-haknya sebagai klien,  dan perlu pendampingan secara intensif dari Pekerja Sosial maupun pihak penyedia lapangan pekerjaan.

Sosialisasi ini dihadiri oleh Pegawai RSBKL, Perwakilan Dinas Sosial Kabupaten Sleman, Kamituwo Kalurahan Beji Patuk, Pusat Rehabilitasi YAKKUM, Perhimpunan Jiwa Sehat DIY, KLG Kabupaten Sleman, Perwakilan UD. SAHABAT dan Keluarga Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS) yang diikutkan kegiatan OJT Luar Lembaga. Acara dibuka dilanjutkan sambutan Kepala Balai RSBKL, Bapak Hinukoro Aji, S.H. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan mendukung rencana yang akan dilaksanakan dan berharap rencana akan berjalan dengan baik sesuai dengan tujuan untuk meningkatkan kemandirian PPKS Bina Laras.

Selanjutnya Koordinator Pekerja Sosial menyampaikan sosialisasi OJT antara lain sasaran OJT meliputi Balai RSBKL Dinas Sosial DIY, Dunia Usaha, Keluarga, dan Masyarakat. Sebagai bentuk penghargaan terhadap PPKS yang mengikuti OTJ, PPKS dapat menggunakan HP pribadi, mengelola keuangan secara mandiri, bermalam di lokasi OJT, mendapatkan tambahan konsumsi kopi, pakaian khusus dll. Pelaksanaan OJT diluar Balai ini tetap dengan pendampingan oleh Balai, seperti pemenuhan kebutuhan dasar permakanan oleh Seksi Perlindungan dan Rehabilitasi Sosial, pendampingan obat oleh Perawat, pendampingan lapangan oleh Pekerja Sosial dan supervisor OJT oleh Pekerja Sosial Bina Laras.

Lokasi OJT luar lembaga dilaksanakan di UD Sahabat yang beralamat di Dayakan, Purwomartani, Kalasan, Sleman. Bidang Usaha UD sahabat adalah Las, Peternakan, Perikanan, Pertanian dll. Kegiatan OJT rencananya akan dimulai pada Oktober 2022 selama 3 bulan atau apabila ada kesepakatan selanjutnya dapat dilanjutkan bekerja dengan Upah UMR sesuai dengan kondisi PPKS. Walaupun kegiatan OJT ini merupakan pekerjaan di luar balai namun status 3 (tiga) PPKS masih merupakan klien aktif di Bina Laras.

Sosialisasi ini juga menampung diskusi yang berisi tentang bagaimana pengawasan obat PPKS yang melakukan OJT, dan juga keberlanjutan untuk segera melakukan sosialisasi ke rekan kerja di tempat OJT agar dapat menerima dan selalu membimbing PPKS ini.

Tindak Lanjut dari Sosialisasi tersebut, pada hari Senin tanggal 17 Oktober kegiatan OJT sudah dilaksanakan, Klien diantar ke lokasi Usaha UD. SAHABAT bersama Perwakilan dari Seksi PRS, Pekerja Sosial dan Perawat untuk selanjutnya akan mulai melaksanakan training sampai 3 bulan kedepan.

Program OJT diharapkan dapat bermafaat bagi PPKS, keluarga, masyarakat dan lembaga. Bagi PPKS  dapat memperoleh  pengalaman bekerja langsung di masyarakat bersama karyawan lainnya, diharapkan dapat memotivasi terbentuknya  sikap perilaku yakin dan percaya diri sehingga mampu bertanggung jawab terhadap suatu pekerjaan yang dihadapi untuk hidup mandiri.

Manfaat bagi keluarga yaitukembalinya rasa percaya diri keluarga terhadap kemampuan klien, sehingga dapat menerima kembali secara utuh ditengah keluarga dan lebih perhatian dalam pendampingan obat. Bagi masyarakat yaitu stigma masyarakat terhadap klien akan hilang dan menerima kembali didalam lingkungan masyarakat seperti halnya masyarakat lainnya. Dan bagi lembaga OJT sebagai inovasi pelayanan dalam rehabilitasi sosial terhadap ODDP di BRSBKL Dinsos DIY. (Adik Saparti)