SEMUA BENTUK PELAYANAN DI DINAS SOSIAL DIY TIDAK DIPUNGUT BIAYA-MEMBANTU MASYARAKAT ADALAH KEPUASAN KAMI

H. SUYANTO, S.Ag., M.Si TERPILIH SEBAGAI KETUA FORKOM LKS LU DIY PERIODE 2022-2026

(Last Updated On: 1 July 2022)

Banguntapan, 22/6/2022

Perjalanan Panjang untuk memajukan dan mengembangkan Suatu Organisasi Sosial seperti Lembaga Kesejahteraan Sosial Lanjut Usia ,  yang cukup banyak terbentuk  LKS Lansia di Daerah Istimewa Yogyakarta, dengan kondisi tersebut Dinas Sosial DIY berinisiatif menghimpun dan membentuk organisasi yang disepakati yaitu Forum Komunikasi Lembaga Kesejahteraan Sosial Lanjut Usia yang di kenal dimasyarakat FK LKS Lansia DIY.Memang berdirinya sudah lama sejak tahun 2011 artinya sudah 11 tahunan FK LKS LU DIY dan sudah empat Periode melaksanakan pilihan  Pengurus FK LKS LU DIY .

Dengan berbekal dengan  semangat membangun lembaga baru, pada waktu  itu modalnya bukan dana, tetapi tekat yang kuat, sehingga awal program dengan selalu ada pendekatan instansi dan lembaga dan mitra terkait sehingga bisa dijalankan dengan baik. Walaupun masih banyak tantangan dan hambatan semuanya diatasi dan diselesaikan dengan baik. Setelah 2 periode perintisan selesai dilanjutkan dengan pembinaan yang periode ke 3 sudah mulai tertata dalam pelaksanaan kegiatan , walaupun masih banyak kendala dilapangan baik dukungan tenaga , sarana dan dana serta methode operasional masih terbatas.

Dengan gambaran kondisi yang demikian karena juga terbentur situasi dan kondisi pandemi covid 19, maka program berhenti dan tidak bisa dijalankan dan dimaklumi bersama. Untuk supaya lebih mengoptimalkan program Lembaga FK LKS LU DIY bertempat di Aula Barat Lantai 2 Dinas Sosial Daerah Istimewa Yogyakarta, 22/6/2022 diadakan Musyawarah Daerah FK LKS LU DIY Ke 4 yang dihadiri 48 peserta dari 80 peserta yang diharapkan hadir baik Undangan , Peninjau dan Peserta Musda sebagai Anggota Forum.

Setelah memenuhi Forum Musda, maka acara seremonial diawali dengan Lagu Indonesia Raya dan dilanjutkan Mars Lansia, dan dilanjutkan dengan Laporan penyelenggaraan oleh Ketua FK LKS LU DIY periode 2018-2021 H. Suyanto, SH , MSi. menyampaikan bahwa Musda ini terlambat yang seharusnya tahun 2021 , karena Pandemi Covid 19 tidak bisa dilaksanakan dan  hari ini 22 juni 2022 baru bisa terlaksana . Diharapkan dalam Musda ini bisa memilih calon pengurus baru untuk Periode 2022-2026  yang akan datang , harapnya.

Sementara itu Mulyanta selaku yang mewakili Kepala Dinas Sosial DIY berharap Musda FK LKS LU DIY bisa dilaksanakan dengan sukses artinya sukses penyelenggaraan musda, karena hari ini memilih Pengurus baru , diharapkan bisa dilaksanakan pemilihan secara demokratis dan Sesusi AD dan ART Forkom dan Juga Tata Tertib Musda yang disepakati bersama. Kita wajib bersyukur bahwa DIY sudah ada Payung Hukum terhadap Lansia yaitu Perda Nomor 3 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Kesejahteraan Lanjut Usia paparnya , pada akhir sambutan Musda dibuka oleh Kepala Dinas Sosial DIY.

Selanjutnya dilaksanakan sesi sesi terkait dengan laporan pertanggung jawaban semua diterima dengan baik dan yang belum terlaksana dilanjutkan periode selanjutnya.

Dalam sesi yang agak panas karena dalam tata tertib harus ada Formatur yang berhak memilih calon pengurus baru, maka dalam membentuk Formatur dengan cara Voting atau dengan menulis yang akan menjadi Formatur. Ternyata Suara Mutlak pada Suyanto untuk lainya hanya 2, 3 ,2 karena kurang 1 formatur maka voting ke 2 dan suara mutlak pada Susi Indrati sehingga 5 Formatur sudah ditetapkan dan mengadakan Rapat Khusus Memilih Calon Pengurus FK LKS LU DIY periode 2022-2026. Setelah 30 menit Rapat Formatur diruang tersendiri maka Hasil Keputusan Formatur bahwa diumumkan oleh Sdr Subandi dari LKS Gunung Kidul sebagai juru bicara formatur bahwa Ketua FK LKS LU DIY Periode 2022-2026 adalah H.Suyanto, SAg.MSI. dan akan dilengkapi dengan Pengurus Lainnya dalam acara rapat berikutnya.