SEMUA BENTUK PELAYANAN DI DINAS SOSIAL DIY TIDAK DIPUNGUT BIAYA-MEMBANTU MASYARAKAT ADALAH KEPUASAN KAMI

BRSPA KERJASAMA DENGAN UNIVERSITAS VETERAN BANGUN NUSANTARA SUKOHARJO

Rombongan Universitas Veteran Bangun Nusantara Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Program Studi Bimbingan dan Konseling berfoto dengan pegawai BRSPA

(Last Updated On: 4 August 2022)

Balai Rehabilitasi Sosial dan Pengasuhan Anak (BRSPA)  Yogyakarta yang beralamat di Banjarharjo, Bimomartani, Ngemplak Sleman, Yogyakarta, dan di Jl. KH. Agus Salim No.117, Kepek, Wonosari, Gunungkidul pada hari Rabu tanggal 3 Agustus tahun 2022, mendapat  kunjungan KKL  dari kampus  Universitas Veteran Bangun Nusantara Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Program Studi Bimbingan dan Konseling. Kampus ini beralamat di Jl. Letjen Sujono Humardani No.1 Jombor, Bendosari Sukoharjo. Kegiatan kunjungan merupakan Kerjasama antara BRSPA dengan UNIVET BANTARA dalam rangka saling belajar dalam penanganan permasalahan social yang ada di Balai maupun  di masyarakat. Kegiatan ini diawali dengan penandatanganan Implementation of Agreement antara Univet Bantara dengan BRSPA.

Kegiatan KKL diikuti oleh 51 mahasiswa jurusan Bimbingan dan Konseling dan didampingi oleh 4 orang Dosen  antara lain  Muh Arief Maulana M.Pd selaku Kaprodi BK, Billdy Saputro, M.Pd.,Kons selaku Koordinator KKL, Aldila Fitri RNM, M.Pd  selaku sekprodi, Drs. Bambang Susanto, M.Pd., Kons. dan Rita Kumalasari, M.Pd serta Sri Hastuti, S.Pd selaku  tenaga Adiministrasi.

Muh arief maulana, menyampaikan bahwa Kunjungan Lapangan ke BRSPA merupakan tempat yang tepat bagi mahasiswa BK untuk lebih mengenal tentang permasalahan social dengan segala kompleksitas masalahnya, mengenal lebih dekat terhadap Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS)  serta belajar tentang bagaimana cara menangani permasalahan social di BRSPA. Muh Arief Maulana juga mengatakan bahwa Kerjasama ini bisa dilanjutkan dengan kegiatan praktek bagi mahasiswa BK untuk lebih memperdalam tentang ilmu Bimbingan dan Konseling secara langsung kepada pengurus balai dan mempraktekkan ilmu Bimbingan dan konseling kepada anak-anak asuh balai.

Suparmin, MPSSp selaku Kepala balai Rehabilitasi Sosial dan Pengasuhan Anak Yogyakarta, Bersama dengan seluruh jajarannya, menerima kunjungan tersebut serta memberikan perkuliahan pakar dengan tema Poses pertolongan dalam Praktik Pekerjaan social di Balai Rehabilitasi Sosial dan Pengasuhan Anak Yogyakarta. Selama mendengarkan perkuliahan, baik dosen maupun mahasiswa memiliki antusias yang tinggi untuk mengetahui lebih dalam tentang pelayanan social yang ada di balai. Setelah pemberian materi selesai dilanjutkan dengan tanya jawab baik oleh dosen maupun mahasiswa.

Suparmin juga menyampaikan bahwa BRSPA sangat terbuka untuk bekerjasama dengan pihak manapun termasuk dengan Perguruan tinggi,  dengan tujuan untuk saling belajar dan mendukung serta  meningkatkan pelayanan di balai. Kegiatan diakhiri dengan penyerahan cindera mata dari Universitas Veteran Bantara Sukoharjo kepada BRSPA dan dilanjutkan dengan kunjungan lapangan untuk melihat kondisi balai dan sarana prasarana pendukung untuk pelayanan kepada anak asuh. (Suparmin, Agustus 2022).

Rombongan Universitas Veteran Bangun Nusantara Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Program Studi Bimbingan dan Konseling berfoto dengan pegawai BRSPA
Suparmin, Kepala BRSPA, memberikan kuliah
Mahasiswa Rombongan Universitas Veteran Bangun Nusantara Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Program Studi Bimbingan dan Konseling antusias mengikuti sesi kuliah di BRSPA
Penyerahan kenang-kenangan vandel