SEMUA BENTUK PELAYANAN DI DINAS SOSIAL DIY TIDAK DIPUNGUT BIAYA-MEMBANTU MASYARAKAT ADALAH KEPUASAN KAMI

BALAI RSBKL UNIT BINA LARAS MENERIMA KUNJUNGAN MONEV CMB-GLOBAL BERSAMA PUSAT REHABILITASI YAKKUM

(Last Updated On: 28 July 2022)

SLEMAN – Balai Rehabilitasi Sosial Bina Karya dan Laras (BRSBKL) Unit Bina Laras menerima kunjungan monitoring dan evaluasi CBM-GLOBAL. Kegiatan dilaksanakan pada Rabu, 27 Juli 2022 bertempat di Balai Bina Laras, Karangmojo Purwomartani, Kalasan, Sleman. Kunjungan monev diwakili oleh Mrs. Kristen selaku perwakilan dari CBM Australia dan Bapak Adrian selaku perwakilan dari CBM Indonesia. Turut hadir pada kegiatan ini, perwakilan dari Puskesmas Kalasan, Kalurahan Purwomartani dan Pusat Rehabilitasi YAKKUM.

Dari pihak Balai Bina Laras dihadiri oleh Ibu Suryatmiati, S.H selaku Kepala Seksi Perlindungan dan Rehabilitasi Sosial, perwakilan pekerja sosial, perawat, serta perwakilan Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS). Kegiatan ini menindak lanjuti dari SK Kepala Dinas Sosial DIY nomor 461/00108 tentang pembentukan Tim Pendampingan Program Open the Gate yang bekerja sama dengan pusat Rehabilitasi YAKKUM.

Dalam sambutannya, Ibu Suryatmiyati, S.H menyampaikan selamat datang kepada perwakilan CBM, dilanjutkan dengan memberikan gambaran umum profil Balai dan kegiatan rehabilitasi yang dilaksanakan. Kegiatan yang telah dilaksanakan bersama Pusat Rehabilitasi YAKKUM, diantaranya penyusunan Panduan Pencegahan Covid-19 dan Penyakit Menular di dalam Balai, Kegiatan Peningkatan Kapasitas Pegawai, Kegiatan Focus Group Disccussion. Terakhir,  disampaikan juga mengenai kendala yang masih dihadapi dalam pelaksanaan kegiatan rehabilitasi sosial.

Pada kesempatan ini juga dilaksanakan diskusi, yang dipandu oleh Pusat Rehabilitasi YAKKUM, dengan menghadirkan PPKS yang sedang menjalani On Job Training, maupun PPKS yang melaksanakan tugas sebagai Cleaning Service, sebagai bagian dari proses rehabilitasi sosial, dimana PPKS yang telah dianggap mampu melaksanakan suatu pekerjaan, diberikan kesempatan untuk bekerja di lingkungan Balai RSBKL unit Bina Laras ini. Pihak Kalurahan Purwomartani yang diwakilkan oleh Pak Bravo menyampaikan akan mensupport penuh program Open the Gate yang sebelumnya merupakan program kerjasama Balai Bina Laras dengan Pusat Rehabilitasi YAKKUM. Beliau berharap rekan-rekan ODDP yang ada di Purwomartani dapat memperoleh hak yang sama layaknya orang-orang pada umumnya.  Perwakilan Puskesmas Kalasan, Bu Aina menyampaikan dukungan terhadap kerjasama yang sedang dilakukan oleh Balai Bina Laras dan Pusat Rehabilitasi YAKKUM.

Setelah kegiatan diskusi, rombongan  diajak berkeliling ke lingkungan Balai Bina Laras yang didampingi oleh pihak Perawat dan Pekerja Sosial. Mereka menjelaskan secara langsung aktivitas yang dilakukan serta bagian-bagian bangunan yang ada di balai. rombongan juga diajak berinteraksi langsung dengan PPKS beserta mengamati kegiatan keterampilan yang sedang dilakukan. Dalam kegiatan monev ini diharapkan mampu membuat program kerjasama yang dilaksanakan antara Balai RSBKL unit Bina Laras dan Pusat Rehabilitasi Yakkum, menjadi terarah, sesuai dengan rencana program dan mampu mencapai target sesuai dengan yang diharapkan. (Agus Hardi Nata)