SEMUA BENTUK PELAYANAN DI DINAS SOSIAL DIY TIDAK DIPUNGUT BIAYA-MEMBANTU MASYARAKAT ADALAH KEPUASAN KAMI

AYO KEBERSAMAANNYA KALAU KITA TULUS PASTI TUHAN AKAN KASIH MUDAH

(Last Updated On: 25 August 2022)
Dokumentasi Dinas Sosial DIY

Inilah sebaris kalimat yang menggema dari tempat kegiatan Peningkatan Kapasitas Logistik dan Dapur Umum Tahun 2022 yang diselenggarakan Dinas Sosial DIY, saat Kuliah umum secara virtual oleh Plt Direktur Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial Kementerian Sosial RI, bersama Kepala Dinas Sosial DIY, Kepala Bidang Linjamsos, Jajaran Kelompok Substansi PKBA-KBS dan kepada para peserta kegiatan yang berasal dari Dinas Sosial Kabupaten/Kota, Petugas Logistik Kabupaten/Kota dan Forum Koordinasi Tagana tingkat DIY maupun tingkat Kabupaten/Kota, dengan total peserta 25 orang.

Dokumentasi Dinas Sosial DIY

Sigit Alifianto, SE, MM selaku Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial (Linjamsos) dalam laporan penyelenggaraan menyampaikan bahwa maksud kegiatan ini adalah sebagai upaya dukungan dan peningkatan kemampuan personal dalam membangun koordinasi, komunikasi dan inisiatif khususnya Tata Kelola Logistik dan Penatalaksana Dapur Umum, dengan tujuan yang hendak dicapai yaitu, untuk meningkatkan pengetahuan, koordinasi dan komunikasi serta sinergitas dalam mengoptimalkan pembinaan dan pengembangan Tagana, kemudian memastikan arah Kebijakan dan Progam Penanggulangan Bencana Bidang Perlindungan Sosial, terlebih dalam hal memperkuat solidaritas dan mengoptimalkan sumber daya.

Dalam materi kuliah umumnya, Robben Rico menceritakan kurun waktu satu setengah tahun dirinya bertugas di Ditjen Linjamsos sebagai sekretaris hingga sekarang diberi amanah untuk menjadi pelaksana tugas (Plt) Direktur Jenderal, dirinya banyak belajar saat kunjungan lapangan ke daerah terdampak bencana mulai dari Aceh sampai Papua. Bahkan ia pernah sendiri terombang ambing dengan membawa bantuan dari Kementerian. Pengalaman inilah menjadikan dirinya mengetahui kiprah langsung Tagana di daerah. Oleh karenanya kemudian dalam merumuskan kebijakan bagi sumber daya Tagana, ia selalu mendengar masukan dari daerah dalam hal ini Dinas Sosial Provinsi agar saat merealisasikan progam, sesuai dengan kebutuhan di lapangan, bahkan agar tahu dan betul-betul paham kondisi, maka seorang pimpinan harus hadir dan membaur merasakan tingkat kesulitan dan rintangan yang dihadapi, menurutnya.

Dokumentasi Dinas Sosial DIY

Sementara itu, Endang Patmintarsih, SH, M.Si selaku Kepala Dinas Sosial DIY menanggapi uraian Plt Direktur Jenderal Linjmsos menyampaikan ungkapan syukurnya dan terima kasih atas perhatian pusat kepada Daerah Istimewa Yogyakarta, semua permohonan di respon dengan cepat dan lebih mudah menempuh tahapannya. Namun demikian, Endang juga mengajak, dengan kemudahan tersebut jangan sampai terjadi lalu menyepelekan prosesnya. Komunikasikan dan koordinasikan dengan baik, sebelum mengajukan permohanan dan pengusulan progam ke pusat, karena pusat pasti akan menanyakan rekomendasi dari provinsi, sebagai dasar mempertimbangkan keputusan apakah usulan progam tersebut relevan untuk ditindaklanjuti. Esensinya adalah pada pola penanggulangan yang terpadu, efektif dan efisien, sesuai tingkatan dan tahapan masing-masing. Tentu untuk mewujudkannya, diperlukan koordinasi, penanganan terstandar dan berjenjang dengan sistem Informasi yang akurat dan terpadu.

Dokumentasi Dinas Sosial DIY
Dokumentasi Dinas Sosial DIY

Kegiatan Peningkatan Kapasitas Logistik Dan Dapur Umum berlangsung dari hari Senin 22 Agustus hingga esok hari Kamis 25 Agustus 2022, di Hotel Innside Sleman Yogyakarta, dengan menghadirkan pemateri dari narasumber pusat dan lokal seperti dari PMI DIY, YEU, RedR serta instruktur dari FK Tagana DIY.

=============

AC