SEMUA BENTUK PELAYANAN DI DINAS SOSIAL DIY TIDAK DIPUNGUT BIAYA-MEMBANTU MASYARAKAT ADALAH KEPUASAN KAMI

KERJASAMA BRSPA DENGAN DUKES DIY DALAM EDUKASI KESEHATAN

(Last Updated On: 8 October 2024)
Assyfa, Ivan dan Finka, perwakilan dari Dukes DIY sedang mengajak anak asuh BRSPA memahami kesehatan mental (dok: Fer)

Sleman – Minggu, 6 Oktober 2024, Balai Rehabilitasi Sosial dan Pengasuhan Anak (BRSPA) Dinas Sosial DIY, bekerjasama dengan  tim Duta Kesehatan (DUKES) DIY, dalam rangka memberikan edukasi kesehatan untuk anak asuh BRSPA. Tim DUKES DIY dipimpin oleh Pratiwi Fani Sabella. Kegiatan ini dilaksanakan di BRSPA Unit Bimomartani dan bertujuan untuk memberikan edukasi kesehatan mental bagi anak-anak asuh BRSPA, dengan fokus pada pengelolaan emosi yang positif.

Dalam edukasi ini, anak-anak diperkenalkan pada konsep dasar emosi, seperti marah, sedih, senang, dan kesal. Melalui cerita inspiratif tentang balapan antara kelinci dan kura-kura, tim Dukes DIY menekankan pentingnya memahami dan mengelola emosi agar dapat meraih kesuksesan. “Mengelola emosi adalah kunci penting untuk mencapai apa yang kita inginkan,” ujar Pratiwi di depan para anak asuh.

Tak hanya teori, anak-anak juga diajarkan teknik anger management yang praktis, seperti cara menahan diri saat marah dengan mengambil napas dalam-dalam dan menghitung hingga tiga. Setelahnya, anak-anak diberikan kesempatan untuk mengekspresikan emosi mereka melalui media seni, dengan menggambar emoticon, coretan bebas, dan ekspresi kreatif lainnya.

Dalam kegiatan tersebut, anak-anak asuh didampingi oleh Feriawan Agung Nugroho, selaku  Pekerja Sosial.  Kepala BRSPA, Suparmin, MPSSp menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi kepada tim DUKES DIY atas waktu dan ilmu yang dibagikan. Harapan kami, anak-anak dapat menerapkan pembelajaran ini dalam kehidupan sehari-hari mereka, dan Kerjasama tersebut dapat berlanjut untuk edukasi-edukasi Kesehatan lainnya.

Kegiatan ini diakhiri dengan kebahagiaan dan kepuasan dari anak-anak asuh yang tampak antusias selama sesi berlangsung. Dukes DIY berharap program ini bisa menjadi langkah awal bagi anak-anak untuk lebih memahami pentingnya kesehatan mental dan mampu mengelola emosi dengan baik.

BRSPA  merupakan UPTD dari Dinas Sosial DIY yang menangani berbagai permasalahan sosial anak, antara lain Anak Bayi Terlantar, Anak Terlantar, Anak yang Memerlukan Perlindungan Khusus, dan juga memberikan Pelayanan pengangkatan anak atau adopsi. BRSPA juga memberikan konsultasi terkait penanganan permasalahan anak, dan untuk keperluan tersebut dapat menghubungi No WA. 0812-1572-0002. (Fer)

Syifa dan Ivan dari Dukes DIY berinteraksi dengan salah satu anak asuh BRSPA
Respon anak asuh BRSPA yang antusias menjawab pertanyaan dari Ivan yang memberikan materi tentang anger management (dok: Fer)
Berpose bersama setelah kegiatan dari Dukes DIY di BRSPA selesai(dok: IG dukes.diy )
404980cookie-checkKERJASAMA BRSPA DENGAN DUKES DIY DALAM EDUKASI KESEHATAN

Tentang penulis

Pekerja Sosial di BRSPA DIY merangkap admin website