SEMUA BENTUK PELAYANAN DI DINAS SOSIAL DIY TIDAK DIPUNGUT BIAYA-MEMBANTU MASYARAKAT ADALAH KEPUASAN KAMI-HOTLINE BANSOS COVID-19-WA : 0812 2683 9099-Email: dissosdiy.bansoscovid19@jogjaprov.go.id

YOGYA TUJUAN PARA PENSIUNAN

(Last Updated On: 23 Juni 2016)

1

Yogyakarta menjadi tujuan para pensiunan karena daerahnya tentram, aman, nyaman dan damai, warga masyarakatnya saling menghagai dan menghormati satu sama lain tidak melihat suku, dan daerah asal, gotong royong  juga menjadi budaya warga masyarakat Yogyakarta yang masih terpelihara dengan baik,  sehingga muncul kebersamaan antar warga sangat tinggi.

Hal tersebut disampaikan Gubernur DIY Hamengku Buwono X saat hari lanjut usia Nasional (Halun) tingkat DIY dilaksanakan    di Lapangan Denggung Sleman.Minggu  ( 8/5)

Ditambahkan Sultan, usia harapan hidup Yogyakarta juga tinggi , maka budaya lokal gotong royong yang menjadi pemersatu ,bisa menjadi tujuan tempat tinggal tersendiri bagi para pensiunan, karena dimasa pensiun juga masih ingin mengabdikan diri di lingkungannya, dengan kondisi yang nyaman inilah membuat para pensiuna menetap di Yogyakarta, dan bersosialisasi di lingkunganya dalam mengabdikan dirinya setelah purna tugas.

Disamping itu Pemerintah DIY bersama pemerintah kota dan kabupaten akan memberikan fasilitas yang lebih baik kepada para lansia. Kesehatan para lansia menjadi perhatian utama pemerintah DIY. Diberikan kemudahan akses pada pemeriksaan kesehatan. Karena dengan cara-cara sperti itu harapan saya para lansia tetap bisa melanjutkan aktivitas yang bermanfaat bagi lingkungannya dan masyarakat sekitarnya. Sehingga guyub rukun tetap dijaga,” ujarnya.

“Saya mohon bapak dan ibu yang sudah berusia 60 tahun keatas atau lansia, termasuk saya sendiri lansia, saya mohon tetap bisa menjaga kesehatannya,”  ungkap Sultan”

Menjaga pola makan, melakukan cek kesehatan, dan tetap melakukan aktifitas menurut Sultan, merupakan salah satu kunci untuk tetap bugar.

Sementara itu Caroline Clara ES, Direktur Pelayanan Sosial Lansia Kementrian Sosial mengungkapkan dari tahun ke tahun jumlah lansia secara nasional mengalami peningkatan. Hal itu dibarengi dengan meningkatnya usia harapan hidup.

Menurutnya itu selaras dengan tingkat kesehatan yang semakin bagus.Selain itu, partisipasi stakeholder di daerah dan masyarakat untuk membentuk kepedulian jmterhadap lansia cukup tinggi. “Harapan hidup tinggi, maka semakin bertambah, produktivitas tetap terjaga

Lansia menurutnya memiliki posisi penting di dalam pembangunan Indonesia. Caroline memandang jika lansia berpoisi sebagai penggerak pembangunan.

“Sebab lansia dapat menjadikan  panutan, pengerak motorik dalam memberikan contoh dan pengaruh positif,” ujar Caroline.

Acara dihadiri oleh para lansia dan para pejabat lingkungan Pemda DIY serta Pemda Kabupaten Sleman  ,Hari Lanjut Usia Nasional (Halun) Tingkat DIY dilaksanakan di Sleman ini juga  masuk dalam rangkaian 100 tahun hari jadi Sleman juga (*)

0 0 vote
Rating Artikel
Subscribe
Notify of
guest
0 Diskusi
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar