SEMUA BENTUK PELAYANAN DI DINAS SOSIAL DIY TIDAK DIPUNGUT BIAYA-MEMBANTU MASYARAKAT ADALAH KEPUASAN KAMI-HOTLINE BANSOS COVID-19-WA : 0812 2683 9099-Email: dissosdiy.bansoscovid19@jogjaprov.go.id

“WKSBM CAHYO SURGO” BERBAGI DALAM SEMARAK KEMERDEKAAN RI KE 72

(Last Updated On: 16 November 2018)

Yogyakarta (31/8/2017) “WKSBM CAHYO SURGO” adalah salah satu Wahana Kesejahteraan Sosial Berbasis Masyarakat  yang berada di wilayah dusun Putat II, Desa Putat Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunung Kidul daerah Istimewa Yogyakarta. WKSBM merupakan wahana bagi relawan sosial di tingkat dusun atau RW untuk mengembangkan kepedulian sosial dan jiwa kerelawanan sosial  antar warga dalam tataran dusun atau rukun warga. Prinsip WKSBM adalah mewujudkan kesejahteraan sosial  dari masyarakat, oleh masyarakat dan untuk masyarakat. Mereka menghimpun dana dari masyarakat dan potensi sumber kesejahteraan sosial lainnya  untuk membantu menangani permasalahan sosial yang ada di lingkungannya.

Kepedulian sosial tersebut dibangun melalui kegiatan pemberdayaan sosial, bakti sosial, peduli lansia, peduli anak yatim dan penanganan terhadap penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS) lainnya. Dalam menyemarakkan ulang tahun Kemerdekaan RI yang ke 72, WKSBM Cahyo Surgo pada tanggal 25 Agustus 2017, berbagi melalui kegiatan bakti sosial berupa pemberian  paket sembago  untuk 50 orang penyandang masalah dan pemberian santunan untuk 7 anak yatim/piatu. Dalam kegiatan tersebut di hadiri oleh Suparmin, MPSSp  dari Dinas Sosial DIY , Irfan Ratnadi, S.Sos, MAP  dan  Gustarto  Subyono, SIP, MM dari Dinas Sosial P3A Gunungkidul, R. Haryo Ambar Suwardi, SH, MSi  Camat Patuk, Sukardi lurah Desa Putat, tokoh masyarakat dan warga masyarakat desa Patuk Gunungkidul.

Dalam semarak kemerdekaan tersebut Cahyo Surgo juga menghibur masyarakat melalui kesenian Campur Sari Gunung Kidul (CSGK) dan didukung dagelan Waluyo Walet. Dalam sambutannya, Camat Patuk mengatakan, apabila di seluruh dusun di Patuk telah terbentuk WKSBM dan WKSBM tersebut dapat berkembang seperti Cahyo Surgo maka  PMKS yang ada di wilayahnya  akan tertangani dan tugas pemerintah desa, camat, kabupaten, serta dinas sosial provinsi akan lebih ringan. Suparmin dalam sambutannya  juga menyampaikan bahwa kegiatan WKSBM sangatlah positif dan terbukti  dapat menggerakkan sejumlah elemen masyarakat untuk saling peduli , saling gotong royong, dengan  semangat kerelawanan sosial  untuk mengatasi berbagai permasalahan sosial di akar rumput. Oleh karena itu WKSBM diharapkan dapat tumbuh dan berkembang di seluruh dusun dan RW di Daerah Istimewa Yogyakarta  dan seluruh stakeholder diharapkan dapat berperan aktif dalam pembangunan kesejahteraan sosial melalui WKSBM.

Kegiatan WKSBM Cahyo Surgo tidak hanya bakti sosial tetapi juga kegiatan lainnya seperti pertemuan rutin pengurus, pendataan PMKS, pemetaan sosial, iuran bulanan anggota, sosialisasi WKSBM, botol berkah, angkringan, biro jasa, pemanfaatan barang bekas, kegiatan usaha, kerjasama dengan pihak ke tiga. Adapun  pengurus WKSBM Cahyo Surgo antara lain, Pelindung: Kepala Desa Putat, penasehat kepala dusun Putat II dan Ketua RW 09, Pembina: Dinas Sosial DIY dan Dinas Sosial P3A Gunungkidul, Ketua: M. Ali Syafrudin dan Agus Tiono, Sekretaris: Marella Wulansari, dan Ngadiyat, Bendahara: Supomo, Seksi dana: Susanto dan Nur Cholis, Seksi Pendataan: Satino dan Tukirno Widodo, Seksi Sosial: Wagirin dan Ismiyati, Seksi humas: Semua Ketua RT dusun putat II, Anggota: Nur Asbari, Giman, Sutoyo dan Wahyudi.(*)

0 0 vote
Rating Artikel
Subscribe
Notify of
guest
0 Diskusi
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar