SEMUA BENTUK PELAYANAN DI DINAS SOSIAL DIY TIDAK DIPUNGUT BIAYA-MEMBANTU MASYARAKAT ADALAH KEPUASAN KAMI

Wisata Mancing bersama ASN Balai RSBKL Dinas Sosial DIY dengan PPKS untuk mewujudkan kebersamaan dan kekompakan

(Last Updated On: 6 April 2021)

            Pelayanan pertolongan pekerjaan sosial di Balai RSBKL Dinas Sosial DIY dalam praktiknya senantiasa berusaha memberikan yang terbaik bagi Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS) dengan menyelenggarakan berbagai program yang dapat mengembangkan potensi PPKS untuk berdaya mengembangkan peran diri serta aktif dalam membangun kehidupan sosialnya, baik kelompok, keluarga maupun masyarakat dimana kelak PPKS akan dikembalikan ke dalam hidup bermasyarakat. Berkaitan dengan hal tersebut, BRSBKL Dinas Sosial DIY menyelenggarakan kegiatan rekreasional dalam metode pekerjaan sosial dengan kelompok dalam bentuk kegiatan “Wisata Mancing bersama ASN BRSBKL dengan PPKS untuk mewujudkan kebersamaan dan kekompakan.” Yang diselenggarakan pada tanggal 27 Maret 2021 di BRSBKL Dinas Sosial DIY di Jalan Sidomulyo TR IV/369 Yogyakarta.

             Kegiatan Mancing Wisata tersebut, merupakan metode inovatif kreatif yang dalam Pekerjaan Sosial dapat dikategorikan sebagai Metode Pekerjaan Sosial dengan Kelompok. Adapun Teknik yang diterapkan dalam kegiatan tersebut adalah Teknik Recreation Group dan Teknik Recreation Skills Group. Teknik Recreation Group ini bertujuan untuk memberikan kegiatan-kegiatan untuk kesenangan. Kegiatan-kegiatan sering bersifat spontan, tidak harus ada pemimpin, tempat dan peralatan tidak perlu banyak, artinya akomodasi bersifat praktis. Sedangkan Teknik Recreation Skills Group bertujuan untuk meningkatkan beberapa ketrampilan dan pada waktu bersamaan memberikan pula kesenangan. Melalui kedua Teknik tersebut, Balai RSBKL Dinas Sosial DIY Menyusun kegiatan tersebut dengan maksud memfasilitasi tumbuh kembangnya kemampuan PPKS dalam mewujudkan kebersamaan dan kekompakan melalui kegiatan rekreatif Wisata Mancing yang dapat mendorong PPKS mengembangkan aspek ketrampilan hidup bermasyarakat melalui kegiatan tersebut.

            Kegiatan rekrasional dalam pekerjaan sosial merupakan bentuk intervensi pemecahan masalah dalam bimbingan sosial, dimana selama menjalani masa rehabilitasi sosial dengan dinamikanya PPKS tentu saja akan terlibat di dalam konflik sosial antar mereka, perasaan kejenuhan dan merenggangnya hubungan dalam kelompok.  Selain pendekatan case work secara individual, maka kegiatan rekreasional dalam kelompok ini akan membangun ketrampilan setiap PPKS di dalam menyelesaikan masalah kelompok, menyatukan Kembali kebersamaan, saling memahami dan tumbuhnya kekompakan kelompok sebagai syarat terbentuknya kehidupan sosial PPKS yang dinamis dalam semangat kekeluargaan.

            Kegiatan Wisata Mancing bersama ini juga bertujuan untuk mewujudkan kebersamaan dan kekompakan antara ASN Balai RSBKL Dinas Sosial DIY dengan komunitas PPKS sehingga dengan kegiatan rekrasional tersebut diharapkan tumbuhnya semangat kekeluargaan di antara ASN dengan segenap PPKS di Balai RSBKL Dinas Sosial DIY. Dimana, kebersamaan tersebut merupakan modalitas di dalam mewujudkan pelayanan Pekerjaan Sosial kearah pencapaian tujuannya, secara profesional dan humanis serta berbudaya.

            Kegiatan Wisata Mancing ini dalam prosesnya bermula dari gagasan Kepala Balai RSBKL Dinas Sosial DIY yang kemudian gagasan tersebut dalam tim kecil dimatangkan mengenai konsep, prosedur pelaksanaan dan proses penyusunan rencana dan kegiatan pada saat pelaksanaan kegiatan rekreasional Wisata Mancing. Arah besar dari gagasan tersebut adalah mengembangkan model pekerjaan sosial dengan kelompok melalui kegiatan rekreasional dengan tujuan mewujudkan kekompakan dan menyegarkan aspek psikologis ASN dan PPKS sehingga terhindar dari kejenuhan dan membawa kepada energi positif di dalam membangun semangat melayani dan menjalankan kegiatan pertolongan pekerjaan sosial dalam semangat guyub rukun membangun sikap mental sosial rasa kekeluargaan antara ASN dengan PPKS.

            Acara Wisata Mancing ini dilaksanakan di kolam Ikan BRSBKL Dinas Sosial DIY di Jalan Sidomulyo, TR IV/369 Yogyakarta diikuti oleh seluruh ASN dan PPKS. Untuk mendorong dan memotivasi ASN dan PPKS Wisata Mancing ini berdasarkan Teknik Recreational Skills Group menyelenggarkan kegiatan rekreasional Wisata Mancing ini dalam bentuk kompetisi keahlian memancing dengan penguat/reinforcement positif dalam bentuk kategori pemenang dari Juara 1, 2 dan 3 dengan imbalan hadiah tertentu serta memberikan Door Prize sebagai penguat yang lain.

            Kegiatan Wisata Mancing ini dilaksanakan pada tanggal 27 Maret 2021 dari pukul 08.00 hingga pukul 12.00 WB. Dalam pelaksanaannya, kegiatan ini dibuka oleh Kepala Balai RSBKL Dinas Sosial DIY yang dalam sambutan pembukaannya menekankan pentingnya kegiatan rekreasional ini di dalam mewujudkan kebersamaan dan kekompakan antara ASN dengan PPKS menuju terbentuknya jiwa kekeluargaan diantara keduanya. Fasilitas alat memancing dan segala fasilitas konsumsi disediakan oleh Balai sehingga ASN dan PPKS merasakan semangat kebersamaan karena tidak adanya perbedaan di dalam menggunakan alat-alat memancing serta makan bersama menumbuhkan rasa kegembiraan sebagai satu keluarga besar. Dalam kegiatan tersebut, juara 1,2 dan 3 diraih oleh PPKS. Door Prize dibagikan kepada setiap peserta yang mengikuti Wisata Mancing tersebut.

            Selepas pembagian hadiah dan Door Prize acara dilanjutkan dengan santap siang bersama dilanjutkan dengan ramah tamah antara ASN dengan PPKS di lokasi Wisata Mancing dengan penuh suasana kekeluargaan.  Kegiatan ini menjadi lebih berwarna dengan peran serta semua ASN dan para instruktur ketrampilan yang membuat PPKS merasa dimuliakan harkat dan martabatnya sehingga suasana seperti itu menumbuhkan semangat menjadi satu keluarga, guyup rukun dalam semangat kearifan mewujudkan BRSBKL Dinas Sosial DIY sebagai penyelenggara Rehabilitasi Sosial yang profesional, humanis dan berbudaya sesuai dengan kearifan local Daerah Istimewa Yogyakarta dalam semangat saiyeg saeko proyo-saiyeg saeko prapti (NRW)

0 0 votes
Rating Artikel
Subscribe
Notify of
guest
0 Diskusi
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar