SEMUA BENTUK PELAYANAN DI DINAS SOSIAL DIY TIDAK DIPUNGUT BIAYA-MEMBANTU MASYARAKAT ADALAH KEPUASAN KAMI-HOTLINE BANSOS COVID-19-WA : 0812 2683 9099-Email: dissosdiy.bansoscovid19@jogjaprov.go.id

TIM EKSPEDISI TAGANA MENJAGA ALAM KUNJUNGI LOKASI PENANAMAN MANGROVE TAGANA DIY

(Last Updated On: 22 Maret 2021)

Sesuai tema Peringatan Hari Ulang Tahun Tagana Ke-17 Tahun 2021, “Sinergi Bersama Multi Pihak, Sukseskan Tagana Menjaga Alam” hari ini (Minggu 21 Maret 2021 Pukul 08.00 WIB) Tim Ekspedisi Tagana Menjaga Alam melaksanakan Saresehan, Dialog dan Penanaman Mangrove di Padukuhan Sawahan, Kalurahan Banaran, Kapanewon Galur, Kabupaten Kulon Progo. Kunjungan ke Kabupaten Kulon Progo merupakan kunjungan ke 3 dari jadwal Tim Ekspedisi yang di pimpin Kasubdit Kesiapsiagaan dan Mitigasi Bencana Direktorat Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam Kementerian Sosial RI.

Tim Ekspedisi yang sebelumnya telah mengunjungi Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Pacitan, Provinsi Jawa Timur, selesai dari Kulon Progo akan menuju Kabupaten Kebumen (JATENG), Kabupaten Sukabumi, Kabupaten, Garut dan Kabupaten Pandeglang Provinsi Jawa Barat. Ekspedisi ini merupakan tindak lanjut dari telah terlaksananya kegiatan Bhakti Sosial Penanaman Mangrove di pesisir selatan Pulau Jawa, termasuk di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta dengan dipilihnya Kabupaten Kulon Progo sebagai lokasi Bhakti sosial yang mana pada tanggal 17 s/d 20 Februari 2021 terlaksana kegiatan Tagana Masuk Sekolah (TMS) yang menyasar Panti Asuhan/Pondok Pesantren dan Penanaman 10.000 bibit mangrove bersama Wakil Bupati Kulon Progo, Kepala Dinas Sosial DIY, Kepala Dinas Sosial PPPA Kulon Progo, lengkap dengan jajaran Pembina Teknis Tagana DIY, Pembina Tagana Kabupaten Kulon Progo dan jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Kapanewon Galur, beserta Lurah Banaran pada puncak kegiatan tanggal 20 Februari 2021dengan diawali Apel di Aula Kalurahan Banaran, dilanjutkan penanaman bibit mangrove. Meskipun dengan pembatasan kegiatan dan personil di masa pandemi Covid-19, tetap tidak mengurangi esensi dari tujuan pelaksanaan peringatan HUT Tahun 2021.

Tampil sebagai narasumber kegiatan hari ini, yaitu :

  1. Jajaran Pembina Tagana Pusat :
    a. Drs. IYAN KUSMADIYANA MPS.Sp (Kasubdit Kesiapsiagaan dan Mitigasi Direktorat PSKBA Kementerian Sosial RI)
    b. ADE HERMAWAN
  2. Jajaran Pembina Tagana DIY dan Kabupaten Kulon Progo :
    a. SIGIT ALIFIANTO SE MM ( Kabid Linjamsos Dinsos DIY )
    b. SUMIYATI S.pd (Kasi Linjamsos Dinsos Kab. Kulon Progo)
    c. SUGIYONO ( Dinas Lingkungan Hidup Dan Kehutanan DIY)

Diikuti oleh 25 anggota Tagana DIY dan Kulon Progo dengan berseragam PDL ( kaos biru lengan panjang), secara sederhana dengan lesehan menggunakan tikar di tepi bantaran sungai, penuh khidmat dan hangat nuansa kekeluargaan tanpa mengesampingkan protokol kesehatan.

Sebagaimana disampaikan oleh Pembina Pusat, bahwa rangkaian HUT Tagana, nantinya akan di laksanakan pula Deklarasi dan Pengukuhan 1000 Nelayan Siaga Bencana, Jambore Nasional Tagana pada tanggal 28 s/31 Maret 2021 dengan puncak acara berupa Apel Siaga Bencana bersama Menteri Sosial RI di Pangandaran, Jawa Barat dengan tujuan antara lain sebagai bentuk apresiasi atas kontribusi Tagana Indonesia dalam penanggulangan bencana, kiprah nyata Tagana dalam meningkatkan kesiapsiagaan dan mitigasi.

Dinas Sosial Daerah Istimewa Yogyakarta melalui Seksi PKBA-KBS Bidang Linjamsos telah membentuk tim untuk persiapan berpartisipasi pada rangkaian HUT Tagana tingkat nasional tersebut, dengan mengirim kontingen mengikuti Jambore Nasional, di Pangandaran Jawa Barat. (*)AC

0 0 vote
Rating Artikel
Subscribe
Notify of
guest
0 Diskusi
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar