SEMUA BENTUK PELAYANAN DI DINAS SOSIAL DIY TIDAK DIPUNGUT BIAYA-MEMBANTU MASYARAKAT ADALAH KEPUASAN KAMI-HOTLINE BANSOS COVID-19-WA : 0812 2683 9099-Email: dissosdiy.bansoscovid19@jogjaprov.go.id
(Last Updated On: 25 Maret 2021)

Tiada ungkapan yang lebih indah, selain ungkapan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa. Hari ini adalah hari yang membahagiakan bagi Taruna Siaga Bencana (Tagana) Daerah Istimewa Yogyakarta, karena di hari ini semua perhatian tertuju padanya. Diiringi sinar mentari yang hangat merona, dengan tiupan angin lembut, melambaikan dedaunan rindang menambah syahdunya suasana.

Inilah suatu kehormatan, di kesekian kali langkah pengabdian sebagai relawan sosial penanggulangan bencana, Tagana diberikan waktu khusus untuk berada di tengah para Sesepuh Pembina Tagana, Mitra, dan Sahabat Tagana, bahkan diijinkan untuk menyita waktu ditengah padatnya rutinitas tugas dan kewajiban para pejabat struktural di lingkungan Dinas Sosial Daerah Istimewa Yogyakarta dan Pembina Tagana ditingkat DIY, Kabupaten/Kota untuk sekedar menoreh canda tawa bersama Tagana.
Inilah momentum indah, yang bermuara kasih sayang, saat satu dengan yang lain, saling bertemu melepas rindu tatkala dahulu pernah bersama-sama sesepuh Pembina Tagana berkiprah menangani bencana dengan beragam tingkat kesulitan dan tantangan dimasanya.

Adalah Ibu Endang Patmintarsih, SH, MSi selaku Kepala Dinas Sosial DIY yang telah mengkolaborasikan Seksi Kepahlawanan, Keperintisan, Kejuangan, Kesetiakawanan dan Restorasi Sosial Bidang Pemberdayaan Sosial dengan Seksi Penanganan Korban Bencana Alam dan Bencana Sosial Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial, untuk menyelenggarakan kegiatan bagi Tagana, berziarah di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kusumanegara dilanjutkan sarasehan untuk menguatkan jati diri sebagai bangsa yang menghormati jasa para pahlawannya, mengisi kemerdekaan dan melanjutkan perjuangan para pahlawan, dengan kesungguhan berkecimpung sebagai relawan sosial penanggulangan bencana yang meneladani keikhlasan berkorban jiwa raga demi bangsa dan negara.

Hari ini, Rabu 24 Maret 2021, pukul 08.30 WIB Kepala Dinas Sosial DIY memimpin langsung 40 anggota Tagana, Mitra dan Sahabat untuk berziarah di TMP Kusumanegara. Dengan khusyu memanjatkan doa untuk arwah para pahlawan, terutama di pusara Panglima Besar Jenderal Soedirman, dilanjutkan dengan tabur bunga dan penanaman 23 tanaman perindang makam. Perasaan haru terasa saat peserta ziarah menatap nisan para pahlawan. Disanalah kini jasa mereka abadi, dalam memperebutkan kemerdekaan, yang hasil jerih payahnya berupa kebebasan, kemakmuran dan kesejahteraan telah dirasakan oleh generasi penerus.

“Semangat, terkoordinasi dan potensi” merupakan isi wejangan Drs.Untung Sukaryadi, MM (Sesepuh Pembina Tagana) ditengah penyampaian materi sarasehan, setelah wejangan pertama oleh Drs.A.Riswanto (Sesepuh Pembina Tagana) yang menekankan sikap jujur dimanapun, siapapun dan kapanpun. Adapun pemateri sarasehan yaitu Ki Sutikno dan Yuwono Sri Suwito, yang keduanya menjabarkan semangat pengorbanan jiwa raga para pahlawanan dan membangun tata nilai kehidupan di era digital.

Menurut Ki Sutikno, Tagana sebagai relawan hendaknya selalu tahan banting, jangan lelah untuk berbuat baik, dengan merencanakan segala sesuatunya dengan baik sebelum berbuat. “Dalam pengembangan dan penyesuaian dengan kondisi jaman, Tagana Iso ndeleng, niteni, nirokake, nambahi (bisa melihat, memperhatikan, meniru, mengeksplore) mampu berkonsentrasi terhadap tugas dan kewajibannya, memiliki semangat dan percaya diri dengan rendah hati dan bertanggung jawab” tegasnya.

Senada dengan Ki Sutikno, selaku pemateri kedua Yuwono Sri Suwito lebih menekankan pada kejelian dalam menghadapi perubahan jaman, mengerti tata nilai yang masih relevan, tata nilai yang perlu di kaji lagi dan tata nilai yang harus ditinggalkan. Menurutnya siapapun harus tahu untuk berbuat apa, kapan dan dimana. Sehingga tidak ada ketergantungan, jernih memandang perbedaan, berani dan bertanggung jawab. “Dadio relawan sik sugih ilmu, ngerti laku, pinter mlaku (kaya ilmu, bisa menerapkan, mampu menyesuaikan keadaan) sebagaimana teladan para pejuang kemerdekaan dengan nilai-nilai kepahlawanannya seperti ikhlas, pantang mundur, patriot, pemberani” paparnya kemudian.

Hadir ditengah peserta sarasehan para Sesepuh Pembina Tagana, yaitu :

  • Drs. A.Riswanto
  • Drs. Untung Sukaryadi, MM
  • Drs. Istiarjo Saparto
  • Ir. Woro Sulistiyaningsih, Msi
  • Drs. Suryono, Msi
  • Peni Sumarwati, SPsi
  • Ir Baried Wibawa
    Turut hadir para Pembina Tagana DIY, Pembina Tagana Kabupaten/Kota.
    Adapun peserta terdiri dari :
  • FK Tagana DIY
  • FK Tagana Kabupaten/Kota
  • Mitra Tagana (KSB, Pelopor Perdamaian)
  • Sahabat Tagana (PRAGANA, DIFAGANA, RAPIGANA)

Terima kasih, Dinas Sosial DIY. Semoga Tagana, Mitra dan Sahabat sebagai Relawan Sosial binaan Dinas Sosial DIY mampu mengimplementasikan nilai-nilai kepahlawanan dalam kehidupan sehari-hari.

Dirgahayu Tagana Ke-17 semoga semakin maju dan jaya(*)

AC

0 0 vote
Rating Artikel
Subscribe
Notify of
guest
0 Diskusi
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar