SEMUA BENTUK PELAYANAN DI DINAS SOSIAL DIY TIDAK DIPUNGUT BIAYA-MEMBANTU MASYARAKAT ADALAH KEPUASAN KAMI-HOTLINE BANSOS COVID-19-WA : 0812 2683 9099-Email: dissosdiy.bansoscovid19@jogjaprov.go.id

TERIMA KASIH ICJ UPDATE

(Last Updated On: 7 April 2021)

Yogyakarta, (28/02/2021). “Bersatu untuk Bersama”. Sejumlah anggota Info Cegatan Jogja (ICJ) UPDATE dengan protokol kesehatan melaksanakan bhakti sosial di Camp Assesment Dinas Sosial Daerah Istimewa Yogyakarta. Satu bentuk perhatian dan kepedulian Masyarakat Bidang Sosial terbalut dalam “Salam Aspal Gronjal”. Salam khas ICJ UPDATE.

Beberapa kardus besar terlihat digotong rame-rame oleh beberapa orang. Hari itu tanggal di kalender di ruang pendamping dan pekerja sosial Camp Assesment adalah tanggal 21 Februari 2021. Kurang lebih pukul 14.30 WIB, kardus itu diserahkan oleh beberapa orang tersebut ke petugas piket. Dalam kata pengantar yang disampaikan oleh salah seorang sebagai perwakilan menyampaikan bahwa ini adalah pakaian bekas pantas pakai dari Komunitas ICJ UPDATE. Pakaian bekas pantas pakai tersebut selanjutnya diterima petugas di Camp, kemudian ditata, dirapikan untuk klien/ dampingan.

Mendengar ICJ UPDATE yang terlintas adalah kalimat: “Salam Aspal Gronjal”. Sebuah komunitas besar dari Jogja, berawal dari group di Facebook, berdiri sejak 16 September 2013 diprakarsai oleh Yanto Sumantri (Sumber: Wikipedia). Awalnya dipakai untuk berbagi informasi seputar lalu lintas, kecelakaan, kriminalitas serta kejadian lainnya seputar Yogyakarta.

Seiring berjalannya waktu, ICJ UPDATE semakin eksis. Pada lebaran 2016 ICJ UPDATE menyediakan posko lebaran di beberapa titik di Yogyakarta. Pada Agustus 2017 ICJ UPDATE juga berkolaborasi dengan aplikasi Lapor Sleman pada acara peringatan ulang tahun ke 4 yang dihadiri oleh Kapolda DIY. Saat ini jumlah anggota ICJ UPDATE telah mencapai lebih dari 600.000 orang.

Walaupun dari Group Facebook (media sosial)/ dunia maya, Yanto Sumantri tak ingin anggotanya enggan bertatap muka dan menganggap segala sesuatunya bisa diselesaikan di dunia maya. Salah satu efek kemajuan teknologi di era digital adalah menjauhkan yang dekat dan sebaliknya. ICJ UPDATE tidak ingin berdampak demikian. Teknologi seharusnya menjadi sarana untuk menjalin nilai-nilai sosial kemasyarakatan yang dirasa mulai luntur (Sumber: Merdeka.com dari Brilio.net)

Bagi warga Yogyakarta, ICJ UPDATE menjadi sumber informasi update. Disamping itu ICJ UPDATE disukai masyarakat karena banyak anggotanya yang memiliki kepedulian sosial satu sama lainnya.

Di tengah masa pandemi Covid-19 ini, hikmahnya adalah banyak munculnya kepedulian sosial. Kita tidak melulu berpikir bahwa semuanya serba susah, sulit namun justru memunculkan sikap empati. Warga Jogja dengan budayanya menegaskan bahwa kemajuan jaman, perkembangan tehnologi (era digital) tidak kemudian terus melunturkan nilai gotong, royong, lung tinulung, tepo seliro. Maju terus ICJ UPDATE, semoga pandemi covid ini segera berakhir.
“Salam Aspal Gronjal”.

Ditulis oleh : Pendamping Sosial Camp Assesment.

0 0 vote
Rating Artikel
Subscribe
Notify of
guest
2 Diskusi
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar
Rahmad noor Haryoko

Malam.
Maaf untuk postingan ICJ yang Bantuan Sosial Bukan ICJ lama.
Namun ICJ UPDATE.
mohon Di Koreksi.
Terimakasih.

nat

Terimakasih koreksinya, kami perbaiki.