SEMUA BENTUK PELAYANAN DI DINAS SOSIAL DIY TIDAK DIPUNGUT BIAYA-MEMBANTU MASYARAKAT ADALAH KEPUASAN KAMI-HOTLINE BANSOS COVID-19-WA : 0812 2683 9099-Email: dissosdiy.bansoscovid19@jogjaprov.go.id

TEMU KARYA DAN DIKLAT PENSOSMAS

(Last Updated On: 16 November 2018)

Yogyakarta (24/09/2018). Penyuluh Sosial Masyarakat adalah penyambung lidah pemerintah menyampaikan berbagai program dan kegiatan. Peran ini berarti juga mendekatkan dan memudahkan masyarakat untuk mengakses serta memperoleh informasi yang benar. Demikian pula dengan fungsinya yang salah satunya adalah menyaring semua berita yang tidak benar.

Ibarat sebuah pisau, penyuluh sosial masyarat adalah pisau belati. Ucapan dan informasi yang menjadi bagian ketugasannya untuk disampaikan lebih tajam akibatnya. Satu sisi belati juga akan tumpul dan berkarat karena tidak diasah. Update dan upgrade pengetahuan modal dasar ilmu harus senantiasa menjadi bagian proses mewujudkan informasi yang benar, yang bermanfaat dan bertanggung jawab.

Bertempat di  hotel Mercure Ancol Jakarta, kegiatan ini dilaksanakan selama sebelas hari dari tanggal 5 s.d. 11 September 2018. “Cahaya Lentera Penyuluh Sosial untuk Indonesia Sejahtera”. Tema yang mengandung arti sangat dalam. Tema ini memberi spirit bagi para penyuluh untuk berkarya memberi “pepadang” bagi Indonesia yang sejahtera.

Puluhan bahkan ratusan penyuluh sosial dari sebelas provinsi tumpah ruah di hotel tersebut. Demikian pula penyuluh sosial Daerah Istimewa Yogyakarta menjadi bagisn dari kebersamaan tersebut. Ini adalah ajang silaturakhim dan upaya “nggegulang” ilmu agar tajam juga tidak berkarat.

 

Selama  sebelas hari tersebut berbagai materi disampaikan oleh pakarnya. Out bound berbagai macam permainan dan ketangkasan serta kejelian dalam menjalin kebersamaan untuk mencapai tujuan secara berkelompok. Kegiatan ini terbagi dalam dua sessi. Sesi pertama adalah temu karya yang berakhir pada tanggal 7 September 2018 dilanjutkan dengann diklat yg di laksanakan selama 4 hari.

Materi-materi yg diberikan antara lain

  1. Dampak dari pengguna narkoba
  2. Membangun kapasitas kerja untuk mewujudkan keadilan sosial
  3. Membangun solidaritas dan dukungan sosial (PROF. DR. HARYONOSUYONO)
  4. Peran penyuluh dalam pembangunan dan kesejahteraan bangsa Prof.Dr.Ir.Aida Vitalaya S Hubais.
  5. Penyuluhan masyarakat era digital berwawasan kebangsaan GUNAWAN SUMODININGRAT
  6. Peranan peran pemberdayaan sosial peran penyuluh dalam mendukung program pemberdayaan sosial.
  7. Kebijakan dan program perlindungan dan jaminan sosial.
  8. Peran penyuluh sosial masyarakat dalam mendukung program rehabilitasi sosial.
  9. Penyuluh sosial dan tantangan milenial.
  10. Peran penyuluh dalam mendukung akuntabilitas penyelenggaraan kesejahteraan sosial oleh Dadang Iskandar.
  11. Kebijakan puspensos bagi penyuluh sosial masyarakat untuk membangun desa berketahanan sosial, bunda kapuspensos Tati Nugrahati
  12. Tantangan penyuluh sosial dalam penyelenggaraan kesejahteraan sosial
  13. Restorisasi kesejahteraan sosial.

Kegiatan ini begitu menarik. Suasana keakraban yang terbalut dalam kebersamaan. Satu tekad yang dipegang bersama adalah tekad untuk memberikan informasi yang benar dan bermanfaat bagi masyarakat.

 

Sumber : Seksi Penyuluhan Sosial Dinsos DIY.

0 0 vote
Rating Artikel
Subscribe
Notify of
guest
0 Diskusi
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar