SEMUA BENTUK PELAYANAN DI DINAS SOSIAL DIY TIDAK DIPUNGUT BIAYA-MEMBANTU MASYARAKAT ADALAH KEPUASAN KAMI-HOTLINE BANSOS COVID-19-WA : 0812 2683 9099-Email: dissosdiy.bansoscovid19@jogjaprov.go.id

TANGGULANGI COVID-19, DINSOS DIY BAGIKAN 750 PAKET SEMBAKO KEPADA LANSIA TERLANTAR 

(Last Updated On: 7 Agustus 2020)


Yogyakarta (06/08/2020) dinsos.jogjaprov.go.id – Bersamaan dengan  Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) ke-24 Tahun 2020, Dinas Sosial Daerah Istimewa Yogyakarta mengadakan bhakti sosial penyaluran Bantuan Sosial Sembako sebanyak 750 paket dari Program Percepatan Penanganan Pandemi Covid-19, Jum’at (29/05). Bantuan ini diperuntukkan bagi para Lansia terlantar, miskin, tinggal sendiri atau dengan pasangannya yang tidak masuk dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (Non DTKS). Lansia dimaksud adalah warga binaan luar panti dari 18 Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS)/Organisasi Sosial (Orsos)/Kelompok di wilayah DIY yang bergerak di bidang pelayanan sosial Lanjut Usia.

Demikan disampaikan Kasi Jaminan Sosial dan Perlindungan Sosial Dinas Sosial DIY, Mulyanta, AKS, Rabu (5/10) di Kantor Dinas Sosial DIY, Jl. Janti, Banguntapan, Yogyakarta.

“Setiap Lansia Terlantar penerima manfaat memperoleh Bansos Sembako dari Dinas Sosial DIY sebanyak 1 paket yang telah kami kemas dalam Goode Bag. Masing-masing berisi 6 jenis sembako, yaitu : beras, minyak goreng, madu, susu bubuk lansia, kacang hijau dan telor ayam” ujar Mulyanta.

Lebih lanjut dijelakan oleh Mulyanta, kegiatan yang bersumber dari Anggaran Penanggulangan/Penanganan Covid-19 APBD DIY TA 2020 ini dimaksudkan untuk membantu para Lansia Terlantar dalam memenuhi kebutuhannya di masa tanggap darurat akbibat pandemi Covid-19. Selain itu, juga untuk menambah asupan gizi lanjut usia sebagai upaya menambah imunitas serta untuk mengurangi intensitas mobilitas lanjut usia dengan terpenuhinya kebutuhan mereka.

Untuk mekanisme penyaluran Bansos, Mulyanta menjelaskan bahwa bantuan tersebut diberikan melalui LKS/Orsos/Kelompok Lansia yang telah ditetapkan dengan SK Gubenur DIY selaras Undang-Undang Nomor 23/2014. Ditribusi bantuan dilaksanakan secara kolektif dengan bukti penerimaan berupa Berita Acara Penyerahan Bantuan yang di dalamnya terdapat ketentuan akan diserahkan kepada lansia disertai bukti Daftar Tanda Penerimaan dan ditandatangani Ketua LKS serta diketahui pejabat wilayah.

Selanjutnya, bantuan diantar oleh Petugas Dinsos DIY sampai ke LKS/Orsos/Kelompok Lansia yang telah ditunjuk sebagai koordinator sekaligus mewakili penerimaan dari sejumlah lembaga terdekat di wilayahnya. LKS koordinator menandatangani Berita Acara Serah Terima Barang dan bertanggungjawab dalam pendistribusian kepada lansia penerima manfaat  dibantu oleh LKS dibawah koordinasinya. LKS koordinator berkewajiban mengumpulkan  daftar penerimaan paket dan memastikan bahwa bantuan tersebut sampai kepada lansia. Ditambahkan Mulyanta, ada satu hal yang tidak kalah pentingnya,  seluruh rangkaian pelaksanaan teknis pendistribusian bantuan tersebut, harus dengan selalu mematuhi protocol kesehatan di masa pandemi Covid-19, yakni penerapan social distancing dengan cara mengantarkan bantuan sampai ke tempat tinggal lansia (home delivery assistance) oleh para pendamping yang ditunjuk. “Pelaksanaan proses Home Delivery Assistance harus dilakukan sesuai dengan standar pelayanan berdasarkan ketentuan yang berlaku”, terangnya.

Ditambahkan Mulyanta, Dinas Sosial DIY berharap semoga melalui kegiatan ini para lanjut usia sebagai kelompok beresiko tinggi, dapat terjaga kesehatannya di masa pandemi covid-19 ini. Aamiin.

Ditulis oleh : Sapto Parjono (Penyuluh Sosial Dinas Sosial DIY)

0 0 vote
Rating Artikel
Subscribe
Notify of
guest
0 Diskusi
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar