SEMUA BENTUK PELAYANAN DI DINAS SOSIAL DIY TIDAK DIPUNGUT BIAYA-MEMBANTU MASYARAKAT ADALAH KEPUASAN KAMI-HOTLINE BANSOS COVID-19-WA : 0812 2683 9099-Email: dissosdiy.bansoscovid19@jogjaprov.go.id

SINERGITAS BRSPA DENGAN MASYARAKAT SEKITAR, WUJUD PELAYANAN INKLUSIF

(Last Updated On: 14 April 2021)

Dalam rangka mewujudkan komitmen Balai RSPA bersinergi dengan lingkungan sekitar, Balai RSPA mengundang warga dan tokoh masyarakat sekitar balai dalam suatu pertemuan warga. Pertemuan ini digelar di dua tempat, yaitu di Balai RSPA Bimomartani dan Balai RSPA Gunungkidul. Secara lebih spesifik, diharapkan pertemuan dengan masyarakat sekitar ini membuahkan hasil berupa kerjasama dari Balai dan masyarakat yang saling menguntungkan.

Pertemuan di Balai RSPA Bimomartani, Jumat 9 April 2021, bertempat di Ruang Case Conference BRSPA. Jumadi selaku RW di wilayah Banjarharjo menyatakan apresiasinya terhadap inisiatif dari Balai RSPA Bimo untuk lebih bersinergi dengan lingkungan sekitarnya.

Pertemuan Balai RSPA DIY dengan masyarakat Padukuhan Banjarharjo, Bimomartani, Sleman yang dipimpin langsung oleh Kepala Balai RSPA DIY, Suparmin, MPSSp (pic: Fer)

“Kami sebagai warga masyarakat merasa bersyukur. Dengan adanya pertemuan ini kedudukan Balai di lingkungan kami, menjadi bagian dari kehidupan masyarakat Banjarharjo,” kata Jumadi.

Jumadi menyuarakan aspirasi dari masyarakat Banjarharjo, bahwa ada tanggung jawab bersama untuk menjaga keamanan dan kebersihan lingkungan Balai. Dikatakan, warga masyarakat sangat memahami anak-anak asuh atau Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS) di dalam Balai dengan segenap perilakunya yang membutuhkan perhatian khusus. Warga sangat bersimpati terhadap upaya Balai RSPA untuk memberikan kesejahteraan terhadap PPKS yang dikelolanya itu. Termasuk diantaranya memberikan jaminan keamanan dan kenyamanan di lingkungan Balai dan sekitarnya.

“Perlunya perawatan lampu penerangan di sekitar Balai, saling tukar informasi tentang keadaan di dalam dan di luar Balai, serta kerja bakti bersama pada area-area sekitar tembok yang mengelilingi Balai agar lingkungan kita bersama bisa bersih dan rapi, dan turut serta dalam kegiatan sosial kemasyarakatan adalah wujud pelayanan yang inklusif dari Balai RSPA ”.

Suparmin, MPSSp, Kepala Balai RSPA memberikan apresiasi terhadap kesediaan masyarakat Banjarharjo untuk membantu meningkatkan keamanan lingkungan dan kerjasama dalam hal kebersihan lingkungan sekitar Balai.

“ Kami berterima kasih terhadap Pak Jumadi dan warga sekitar Balai. Kami bersedia untuk ikut bersama dalam kegiatan kerja bakti bersih lingkungan dan kegiatan kemasyarakatan seperti halnya kegiatan kepemudaan. Anak-anak asuh kami juga perlu terlibat dalam kegiatan kemasyarakatan agar mereka memiliki kepekaan sosial dengan lingkungan sekitar. Sayang sekali pada masa pandemi ini kegiatan yang bisa melibatkan PPKS kami masih belum bisa leluasa. Insya Allah jika nanti sudah memungkinkan, kami akan ikut terlibat,”papar Suparmin.

Kegiatan pertemuan warga di Balai RSPA Gunungkidul diadakan pada hari Sabtu, 10 April 2021 dengan mengundang warga dan tokoh masyarakat di wilayah Ledoksari sebagai wilayah lingkungan Balai RSPA Gunungkidul.


Pertemuan Balai RSPA DIY dengan masyarakat Ledoksari, Gunungkidul. (Pic: Wj)

Warga dan tokoh masyarakat mengapresiasi tugas fungsi Balai RSPA Gunungkidul khususnya dalam menyejahterakan PPKS Anak Terlantar. Warga menyadari bahwa mengubah karakter anak dengan latar belakang yang “khusus”membutuhkan usaha yang tidak mudah dan penuh kesabaran.

“Balai ini melakukan program yang sangat mulia. Begitu bermanfaat,”kata Bambang selaku tokoh setempat. “Dengan adanya silaturahmi ini, kami jadi tahu apa yang dikelola di Balai ini.”

Warga juga membuka pintu kerjasama untuk melakukan berbagai kegiatan bersama yang memberikan manfaat bagi Balai RSPA dan masyarakat sekitar.

Terselenggaranya kegiatan pertemuan ini merupakan bentuk sinergi Balai RSPA dengan masyarakat sekitarnya. Kegiatan ini juga merupakan bagian dari perwujudan Balai RSPA mendukung Budaya Satriya, pada nilai Selaras. Dalam hal ini, Balai RSPA berupaya menjalin komunikasi yang baik, ramah, santun dengan masyarakat di sekitar lingkungan Balai dalam mewujudkan pelayanan yang inklusif, serta Untuk ke depannya, Balai RSPA berkomitmen untuk meningkatkan kualitas kerjasama dengan masyarakat sekitar agar keberadaan Balai RSPA memberkan dampak positif lebih banyak kepada lingkungan sekitarnya. (Fer)

4.5 2 votes
Rating Artikel
Subscribe
Notify of
guest
2 Diskusi
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar
Fajar

Mantap. Salam dari alumni…